detiksport
Follow detikSport
Minggu, 14 Jan 2018 04:25 WIB

Jelang Australia Terbuka

Tanpa Turnamen Pemanasan, Nadal Bisa Sampai Mana?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Foto: Thomas Peter/Reuters Foto: Thomas Peter/Reuters
Melbourne - Australia Terbuka 2018 sedikit berbeda untuk Rafael Nadal. Petenis nomor satu dunia itu akan tampil tanpa mengikuti turnamen pemanasan lebih dahulu.

Nadal mengalami cedera lutut yang memaksanya mundur dari ATP Finals di akhir musim lalu. Setelahnya, petenis kidal Spanyol tersebut memutuskan menarik diri dari turnamen eksebisi di Dubai dan turnamen kompetitif Brisbane Internasional.

Persiapan Nadal untuk tampil di Australia Terbuka hanyalah bermain di dua laga eksebisi: Kooyong Classic dan Tie Break Tens, di mana keseluruhannya berakhir dengan kekalahan. Namun demikian, Nadal yakin dirinya akan kompetitif di Melbourne Park.

"Ini adalah pertama kalinya di dalam karierku bertanding di sini tanpa melakoni pertandingan resmi," kata pemilik 16 titel Grand Slam itu di Marca. "Ini memang sebuah situasi baru buatku, tapi aku merasa baik kok."

"Aku merasa aku telah menjalani satu setengah pekan latihan yang bagus. Aku benar-benar berharap siap. Aku merasa permainanku kurang lebih bagus. Kalau Anda tidak 100 persen termotivasi untuk bermain di turnamen ini, maka Anda mungkin tidak mencintai olahraga ini."

Nadal enggan memikirkan statusnya sebagai petenis nomor satu. Di musim baru, Nadal cuma ingin bisa terus bersaing dan tetap bugar.

"Semua orang memulai dari nol. Aku memulai dari nol juga. Ini adalah awal musim baru, musim yang menarik. Kuharap aku terus sehat dan kompetitif," imbuh Nadal.

Nadal baru sekali menjuarai Australia Terbuka di 2009. Setelahnya, Nadal tiga kali mencapai final tapi selalu kandas, termasuk di musim lalu usai kalah dari Roger Federer dalam lima set.

Pada tahun ini, Nadal ditempatkan sebagai unggulan pertama di top half yang berisikan petenis-petenis unggulan macam Grigor Dimitrov (3), Marin Cilic (6). Dia akan membuka turnamen dengan laga melawan petenis Republik Dominika Victor Estrella Burgos. (rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed