DetikSport
Selasa 23 Januari 2018, 13:06 WIB

Federer: Permainan Saya Mirip Pete Sampras

Redzi Arya Pratama - detikSport
Federer: Permainan Saya Mirip Pete Sampras Foto: REUTERS/Thomas Peter
Melbourne - Tak lagi muda, Roger Federer masih sangat kompetitif di atas lapangan. Petenis Swiss itu menyebut ada kesamaan antara gaya main dirinya dengan Pete Sampras.

Sudah berusia 36 tahun, Federer masih tampil prima bahkan meraih gelar Wimbledon dan Australia Terbuka pada tahun lalu. Saat ini dia sedang mengupayakan mempertahankan gelar di Australia Terbuka.

[Gambas:Video 20detik]


Banyak yang bertanya bagaimana Federer bisa menjaga konsistensi permainan di usia yang tak muda lagi, serta bersaing dengan petenis seperti Rafael Nadal yang dari segi fisik jelas lebih kuat.

Apa rahasianya? Menurut Federer, mempertahankan ritme adalah kunci menjaga performa. Petenis asal Swiss itu menyebut dirinya punya kesamaan dengen Pete Sampras soal bagaimana menjaga ritme.

[Gambas:Video 20detik]



"Kadang ada masalah ritme yang terjadi. Kadang Anda merasa nyaman, kadang tidak. Itu menjadi salah satu alasan Nadal kadang memelankan tempo dan mengupayakan rally demi meraih ritme kembali. Pada set selanjutya, dia bisa mencapai momentum lewat servicenya," ujarnya kepada Eurosport.

"Sementara saya sangat fokus dengan servis. Itu adalah cara terbaik saya meraih poin sehingga sangat fokus mematangkannya. Ketika Anda memenangi game, dengan mudah akan muncul tembakan-tembakan yang mudah, itu juga yang dilakukan Pete Sampras."

"Dia mungkin tak bisa menguasai tiga sampai empat set secara beruntun, tapi yang dia butuhkan hanya satu momen yang berjalan baik dan dia meruntuhkan sisanya dengan mudah untuk memenangi set. Saya lebih mirip Sampras ketimbang Nadal," pungkas dia.

Raihan prestasi Federer sebenarnya sudah melewati Sampras terkait Wimbledon dan Australia Terbuka. Sampras meraih 7 gelar Wimbledon sementara Federer sudah 8 gelar. Untuk Australia Terbuka, Sampras hanya tiga sedangkan Federer lima dan masih bisa bertambah.
(din/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed