DetikSport
Selasa 23 Januari 2018, 19:33 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Istora

Mercy Raya - detikSport
Presiden Jokowi Resmikan Istora Presiden Jokowi meresmikan Istora Senayan (Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO)
Jakarta - Setelah menjalani renovasi, Istana Olahraga (Istora) Senayan kini secara resmi kembali beraktivitas seiring dengan peresmian dari Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi tiba di arena Istora, Selasa (23/1/2018), pukul 18.00 WIB. Dia mengenakan setelan jas warna hitam dan langsung disambut oleh lagu Indonesia Raya.

Dia datang ditemani oleh Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menpora Imam Nahrawi, dan Menteri Sekretaris Negara.

Usai menyanyikan Indonesia Raya, Jokowi menerima laporan dari Basuki sebagai penanggung jawab pembangunan 14 venue GBK.

"Saya melaporkan kepada Bapak Presiden bahwa hari ini kita ada di Istora, venue keenam yang diresmikan oleh presiden RI. Istora Senayan direnovasi sejak September 2016 dengan kapasitas 7.166 single seat. Ini adalah pembangunan heritage sehingga beberapa sisa bangku dalam rangka melihat heritage gedung ini," ucap Basuki dalam laporan singkatnya.

"Istora ini berfungsi sebagai gedung serbaguna. Pada saat Asian Games digunakan untuk basketball dan badminton, kemudian konser musik. Pada saat ini peresmian venue juga sedang berlangsung Indonesia Master yang diikuti beberapa negara dengan para top atlet. Untuk kami mohon kesediaan Bapak Presiden untuk menandatangani pratasi ini dan melanjutkan agenda lain," tuturnya.

Setelah itu, Jokowi kemudian memberikan kata-kata sambutan. Ia kemudian juga menandatangani prasasti peresmian.

"Saya betul-betul terkejut masuk ke sini tadi ada perubahan total Istora dari keadaan sebelumnya," kata Jokowi, disambut tepuk-tangan riuh para penonton.

"Renovasi besar ini saya lihat mengembalikan kepada bangunan awal pada tahun 60-an dan ini merupakan renovasi besar yang betul-betul mengubah Istora Senayan dan diharapkan bisa digunakan untuk venue olahraga lainnya."

"Dengan mengucap bismillah hirrohmannirohim dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa renovasi Istora GBK saya reamikan," ucap Jokowi.

Pada proses peresmian itu, Jokowi disambut oleh beberapa perwakilan pemain dunia bulutangkis seperti Apriyani Rahayu, Greysia Polii, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Marcus Fernaldi Gideon.

Hadir juga beberapa legenda bulutangkis di antaranya Susy Susanti, Alan Budi Kusuma, Lius Pongoh, Retno Kustiah, dan beberapa legenda lain yang kemudian diberi raket bulutangkis oleh Jokowi secara langsung di lapangan.



(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed