detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 26 Jan 2018 17:05 WIB

Australia Terbuka

Federer ke Final Setelah Lawannya Mundur di Set Kedua

Kris Fathoni W - detikSport
Roger Federer (Foto: Issei Kato/REUTERS)
Melbourne - Petenis unggulan kedua Roger Federer (Swiss) melangkah mantap ke final Australia Terbuka 2018 usai menyisihkan petenis Korea Chung Hyeon yang mundur di pertengahan set kedua.

Federer tampil dominan dalam partai semifinal yang dilangsungkan di Rod Laver Arena, Jumat (26/1/2018) sore WIB, sebelum meraih kemenangan 6-1 dan 5-2.

Di set pertama, Federer langsung memulai dengan mematahkan servis lawan. Ia membuat dua break lain, membuat Chung Hyeon cuma bisa satu kali menjaga gim servisnya (pada gim ketiga). Federer cuma perlu 33 menit untuk merebut set ini.

Chung Hyeon, petenis Korea Selatan pertama yang bisa melewati babak keempat ajang grand slam, mendapat sorak-sorai penyemangat dari penonton ketika mampu memaksimalkan servis untuk membuat kedudukan jadi 1-1 di set kedua.

Akan tetapi, petenis 21 tahun itu pada prosesnya tak mampu meladeni Federer. Setelah Federer membuat break untuk unggul 3-1, Chung Hyeon mendapat perawatan di lapangan setelah kakinya melepuh lecet (blister) saat sedang tertinggal 1-4.

Chung Hyeon (Foto: Thomas Peter/REUTERS)

Pada akhirnya Chung Hyeon memutuskan lempar handuk dan mundur dari pertandingan, menyudahi laju kejutannya di Melbourne setelah sebelum ini sempat menyingkirkan petenis macam Alexander Zverev dan Novak Djokovic.

Sementara itu Federer, yang belum kehilangan satu set pun dalam lajunya kali ini, berhak maju ke final dalam usaha mempertahankan gelar juaranya tahun lalu. Di partai puncak ia akan menghadapi unggulan keenam Marin Cilic (Kroasia).


(krs/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com