detiksport
Follow detikSport
Minggu, 28 Jan 2018 14:17 WIB

Indonesia Masters

Tontowi/Liliyana Tunduk di Final

Kris Fathoni W - detikSport
Foto: Agung Pambudhy/detikSport Foto: Agung Pambudhy/detikSport
Jakarta - Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tunduk di final Indonesia Masters 2018 dengan kekalahan 14-21 dan 11-21 dari unggulan keenam Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China).

Dalam partai final di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2018) siang WIB, pasangan Indonesia yang jadi unggulan pertama mampu merebut poin pertama setelah smes keras Tontowi gagal dikembalikan Huang Yaqiong.



Pun demikian, pasangan China langsung bisa menyamakan kedudukan. Perebutan poin di antara kedua pasangan pun kemudian berlangsung ketat.

Tontowi/Liliyana kemudian mampu meraih tiga poin secara berturut-turut untuk unggul 8-5. Tapi lawannya mampu mengejar dengan melakukan hal persis sama dan membuat skor imbang lagi.

Memasuki interval, Zheng/Huang mencatatkan keunggulan tipis 11-10 atas pasangan Indonesia setelah shuttlecock hasil pukulan Liliyana meluncur keluar garis lapangan.

Selepas jeda, pasangan China menambah dua poin sebelum smes Tontowi meredam laju pasangan lawan. Tapi Tontowi/Liliyana kemudian tak kunjung bisa mengejar dan kehilangan gim pertama setelah pukulan Tontowi mengirim shuttlecock kena net.

Tontowi/Liliyana kemudian memulai gim kedua dengan baik dan langsung unggul 3-0, dengan poin terakhir itu didapat usai sebuah challenge gagal dari lawan. Tapi keunggulan itu pada prosesnya sirna usai Zheng/Huang menyamakan pada kedudukan 4-4.

Pasangan Indonesia lantas berhasil menjauh lagi dan memimpin 7-5. Tapi dua kesalahan beruntun dari Tontowi kemudian membuat Zheng/Huang bisa menyamakan skor dalam kedudukan 7-7.

Saat interval, Zheng/Huang justru sudah berbalik memimpin 11-8 atas Tontowi/Liliyana. Hal itu tak lepas dari tiga poin beruntun pasangan China, dua di antaranya lewat smes keras Zheng.

Selepas jeda, pasangan China berhasil menambah empat angka sampai akhirnya Tontowi/Liliyana baru mampu memotong laju itu. Namun, Zheng/Huang kemudian masih mampu menjaga keunggulan.

Pada akhirnya Zheng/Huang pun mampu merebut gim kedua setelah pukulan Zheng tak bisa dikembalikan oleh Liliyana. Gelar juara ganda campuran pun jadi milik pasangan China tersebut berkat kemenangan straight game selama 33 menit. Sementara Tontowi/Liliyana harus rela jadi runner-up Indonesia Masters.

Tontowi/Liliyana Tunduk di FinalFoto: Agung Pambudhy
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed