detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 28 Jan 2018 18:51 WIB

Australia Terbuka

Federer Jadi Kampiun Usai Kalahkan Cilic dalam Duel Lima Set

Kris Fathoni W - detikSport
Roger Federer (Foto: Issei Kato/REUTERS)
Melbourne - Unggulan kedua Roger Federer (Swiss) memenangi duel lima set lawan unggulan keenam Marin Cilic (Kroasia) untuk menjadi kampiun Australia Terbuka 2018. Federer sekaligus mempertahankan gelar itu.

Partai final tunggal putra di Rod Laver Arena, Minggu (28/1/2018), berlangsung selama tiga jam dan tiga menit sampai akhirnya memunculkan Federer sebagai pemenang dengan 6-2, 6-7(5), 6-3, 3-6, dan 6-1.

Di set pertama, Federer mengawali dengan mantap dan mampu dua kali mematahkan game servis Cilic. Dengan mulus, ia pun kemudian berhasil merebut game tersebut.

Duel alot kemudian hadir di set kedua. Federer dan Cilic sama-sama mampu menjaga game servisnya sehingga set ini harus dituntaskan lewat tie-break. Federer sempat unggul, tapi smes overhead dari Cilic membuatnya sukses merebut set tersebut.

Pertarungan di set ketiga berjalan tak kalah alot. Tapi Federer mendapatkan momentum setelah melakukan break di game keenam untuk unggul 4-2. Ia menyudahi set ini lewat sebuah pukulan ace.

Federer kemudian mengawali set keempat dengan langsung mematahkan servis lawannya. Tapi Cilic kemudian merespons dengan gantian membuat break di game keenam dan kedelapan, sebelum akhirnya memaksimalkan servis untuk merebut set keempat.

Marin Cilic (Foto: Edgar Su/REUTERS)

Pada set penentu, Federer memperlihatkan kelas dan kematangannya sebagai jawara 19 kali grand slam sebelum ini. Ia mematahkan servis Cilic di game kedua dan membuat break lain di game keenam. Lewat sebuah love game, Federer pun menyudahi perlawanan Cilic -- yang sempat melakukan challenge tapi gagal.

Hasil itu membuat Federer, pada usia 36 tahun, kini memiliki koleksi 20 titel grand slam dengan enam di antaranya di Australia Terbuka. Ia menjadi pemain ketiga setelah Roy Emerson dan Novak Djokovic yang punya enam titel di Australia Terbuka.

Roger Federer (Foto: David Gray/REUTERS)
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com