DetikSport
Selasa 30 Januari 2018, 06:25 WIB

Tontowi/Liliyana Mundur dari India Terbuka

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Tontowi/Liliyana Mundur dari India Terbuka Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mundur dari India Terbuka (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal tampil di India Terbuka 2018 BWF World Tour Super 500. Mereka memutuskan mundur karena kondisi Tontowi yang tak maksimal.

Usai bertarung di Indonesia Masters, Tontowi/Liliyana awalnya dijadwalkan akan turun di India Terbuka yang akan bergulir di New Delhi pada 30 Januari-4 Februari. Namun pasangan ganda campuran juara dunia itu memutuskan untuk mengundurkan diri.

Kepala pelatih ganda campuran PBSI Richard Mainaky mengungkapkan bahwa Tontowi berada dalam kondisi yang tak maksimal. Tontowi/Liliyana pun kini akan lebih difokuskan untuk menghadapi All England yang akan digelar pada 14-18 Maret.

"Kondisi Tontowi kurang siap. Memang sebelum Indonesia Masters, persiapan dan konsentrasinya sedikit terganggu jelang kelahiran anak keduanya," Richard mengatakan kepada Badmintonindonesia.org.

"Jadi kelihatan di final Indonesia Masters kemarin tidak tahan fokus dalam menghadapi tekanan-tekanan dari pasangan Tiongkok (Zheng Siwei/Huang Yaqiong). Sehingga tidak bisa menjalankan pola dan strategi untuk meredam serangan Zheng/Huang," lanjutnya.

"Semalam Tontowi sendiri yang telepon saya dan sampaikan keraguan untuk tanding dengan kondisi dia yang kurang maksimal. Jadi saya putuskan untuk cancel saja di India Open. Keadaan seperti ini memang tidak bisa dihindari, harus dijalani. Lebih baik mereka persiapkan diri jelang All England."

Dengan mundurnya Tontowi/Liliyana, sektor ganda campuran hanya mengirimkan tiga wakil ke India Terbuka. Mereka adalah Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Richard pun mengubah targetnya di India.

"Targetnya tetap semaksimal mungkin, minimal lolos ke semifinal dulu," Richard menyatakan.


(nds/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed