DetikSport
Selasa 30 Januari 2018, 08:27 WIB

Alasan PBSI Hanya Kirimkan Wakil di Sektor Ganda ke India Terbuka

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Alasan PBSI Hanya Kirimkan Wakil di Sektor Ganda ke India Terbuka Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PBSI hanya mengirimkan para pemain dari sektor ganda ke India Terbuka 2018 BWF World Tour Super 500. PBSI punya alasan terkait keputusan tersebut.

India Terbuka akan bergulir pada 30 Januari-4 Februari di New Delhi. Di ajang tersebut, para pemain pelatnas yang diturunkan merupakan pemain di sektor ganda.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diambil lantaran India Terbuka berdekatan dengan Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2018 yang juga merupakan kualifikasi Piala Thomas-Uber. Kejuaraan tersebut digelar pada 6-11 Februari atau pekan depan di Alor Setar, Malaysia.

Anthony Sinisuka Ginting bersama tim tunggal putra difokuskan untuk Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2018. Sama seperti tunggal putra, tunggal putri juga tak mengirimkan wakil ke India Terbuka.

"Karena kejuaraannya berdekatan dengan Badminton Asia Team Championships (BATC), maka kami hanya mengirim wakil di sektor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Kami lebih banyak mengirim ganda campuran karena mereka kan tidak ikut BATC. Untuk di ganda putra, ada beberapa yang berangkat untuk kepentingan poin menuju All England dan Indonesia Open," Susy mengatakan kepada badmintonindonesia.org.

Di nomor ganda putra, PBSI mengirimkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Angga Pratama/Rian Agung Saputro. Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris akan jadi andalan di nomor ganda putri.

Sektor ganda campuran mengirimkan tiga wakilnya yaitu Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Sedangkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal tampil.

Dari India Terbuka, Susy menargetkan satu gelar untuk Indonesia.

"Atlet-atlet sudah tahu targetnya masing-masing, tentunya kami mau yang terbaik. Target kami satu gelar dulu, tidak mau muluk-muluk, dari sektor apa saja, mudah-mudahan bisa lebih," Susy menyatakan.

Kendati atlet pelatnas absen di nomor tunggal putra dan putri, Indonesia masih punya wakil di kedua nomor tersebut. Mereka adalah Tommy Sugiarto (tunggal putra) dan Lyanny Alessandra Mainaky (tunggal putri).


(nds/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed