DetikSport
Selasa 30 Januari 2018, 16:14 WIB

Absen di India Terbuka, Tunggal Putra Bersiap untuk Kualifikasi Piala Thomas

Mercy Raya - detikSport
Absen di India Terbuka, Tunggal Putra Bersiap untuk Kualifikasi Piala Thomas Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tunggal putra pelatnas bulutangkis takkan turun di India Terbuka. Para pemain lebih dipersiapkan untuk menatap Kualifikasi Piala Thomas.

Seperti diketahui, PP PBSI hanya mengirimkan para pemain pelatnas sektor ganda ke India Terbuka pada 30 Januari-4 Februari. Sementara sektor tunggal, baik putra maupun putri absen.

Sektor tunggal putra memang tengah dipersiapkan sebaik mungkin untuk tampil di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2018 di Alor Setar, Malaysia, 6-11 Februari. Kejuaraan ini berlaku sebagai Kualifikasi Piala Thomas 2018, di mana Indonesia berada di Grup D bersama India, Filipina, dan Maladewa.

Pelatih tunggal putra Hendry Saputra mengungkapkan bahwa waktu yang tersedia sampai ke Kualifikasi Piala Thomas akan dimaksimalkan untuk membenahi kekurangan dan kesalahan para pemain. Selain itu keputusan absen di India Terbuka juga demi menjaga kondisi atlet setelah tampil di Indonesia Masters.

"Mumpung masih ada waktu kami manfaatkan untuk evaluasi dan membenahi kekurangan-kekurangan dan menjaga agar kesalahan kemarin tidak terulang," kata Hendry kepada detikSport, Selasa (30/1/2018).

"Kami sudah dari Thailand, Malaysia, dan terakhir Indonesia. Saya rasa akan terlalu over jika diturunkan ke India juga, dan khawatir peak perfomance-nya tidak dapat di kualifikasi," ujarnya.

Di Indonesia Masters kemarin, tunggal putra mendapatkan hasil cukup positif setelah Anthony Sinisuka Ginting berhasil juara dengan status non-unggulan. Di lain sisi ada juga sorotan setelah Jonatan Christie tumbang di babak pertama.

Selain Anthony dan Jonatan, pemain tunggal putra lain yang akan turun di Kualifikasi Piala Thomas adalah Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik. Sementara dari sektor ganda ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Angga Pratama, dan Rian Agun Saputro.

Hendry menargetkan bisa masuk ke final dan cukup percaya diri mempertimbangkan lawan di fase grup.

"Target kami masuk final dulu dong. Kalau dilihat dari grupnya, Insya Allah tak ada masalah," kata Hendry.
(mcy/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed