detiksport
Follow detikSport
Jumat, 02 Feb 2018 18:45 WIB

Kapten Tim Indonesia Komentari Hasil Drawing Lawan Filipina

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Drawing Piala Davis 2018 lawan Filipina telah digelar. Kapten Tim Indonesia Febi Widhianto menyebut pertandingan bakal berlangsung sengit sejak hari pertama.

Indonesia akan menjamu Filipina di Centre Court Tennis kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu dan Minggu, 3-4 Februari. Kedua kubu telah melakukan undian yang disaksikan oleh pengurus PP Pelti.

Hasilnya di hari pertama Indonesia menurunkan tunggal kedua mereka, Muhammad Althaf Dhaifullah, untuk menghadapi tunggal Filipina, Alberto Lim. Althaf merupakan pemain junior yang tahun ini naik level senior. Sementara Alberto Lim merupakan petenis Filipina yang cukup berpengalaman dengan rangkin 1.371 dunia.

Sementara tunggal pertama Indonesia, David Susanto, bakal turun pada pertandingan kedua menghadapi Jeson Petrombon.

"Saya sudah prediksi dari kemarin jika lawan akan menurunkan pemainnya sesuai hasil drawing hari ini. Justru yang terkejut mereka. Mungkin mereka pikir saya akan menurunkan tunggal pertama dan kedua. Ternyata sebaliknya, untuk pertama saya turunkan Althaf. Itu kenapa semuanya saya persiapkan baik-baik. Karena siapapun harus siap turun dari tunggal maupun ganda," kata Febi, Jumat (2/2/2018)

Ada yang menganggap langkah menurunkan Althaf di pertandingan pertama dinilai berisiko bagi Indonesia. Tapi tidak menurut Febi.

"Sebagai tim kami tidak ada risiko karena kita semua sebagai tim. Menang satu pun tak ada pengaruh karena kemenangan itu harus tim bukan individu," tuturnya.

"Kami sudah tanya kepada para pemain dan semua siap. Tinggal bagaimana menentukan startegi juag untuk hari pertama dan kedua. Jadi kalau dibilang berisiko bagi saya tidak. Semua ada tujuan masing-masing," katanya.

Febi bahkan tak kecil hati meski lawan yang dihadapi Althaf di atas kertas jauh lebih diunggulkan.

"Kalau dibilang pengalaman tentu saya akan turunkan pengalaman. Tapi kan tidak saya lakukan. Kami ingin melihat kondisi yang siap siapa, yang punya motivasi untuk menang siapa. Dan itu sudah kelihatan saat latihan kemarin-kemarin dan sudah kami evaluasi. pelatih juga memberi masukan seperti saya dan formasi ini lah yang kami temui," bebernya.

Berikut Hasil Drawing:

Indonesia versus Filipina

3 Februari 2018
Single 1 : Muhammad Althaf Dhaifullah vs Alberto Lim
Single 2 : David Agung Susanto vs Jeson Petrombon

4 Februari 2018
Doubles : Justin Barki/David Agung Susanto vs F. C Alcantara/J.Z Mendoza

Single : David Agung Susanto vs Alberto Lim
Single : Muhammad Althaf Dhaifullah vs Jeson Petrombonom


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed