detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 03 Feb 2018 19:13 WIB

India Terbuka

Kalahkan Unggulan Pertama, Greysia/Apriyani Lolos ke Final

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Foto: Tim Humas Dan Media PP PBSI Foto: Tim Humas Dan Media PP PBSI
New Delhi - Greysia Polii/Apriyani Rahayu lolos ke final India Terbuka. Mereka berhak tampil di partai puncak usai mengalahkan unggulan pertama di nomor ganda putri, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen.

Greysia/Apriyani menang rubber-game atas Juhl/Pedersen pada pertandingan semifinal di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, Sabtu (3/2/2018). Ganda putri peringkat tujuh dunia itu memenangi pertarungan dengan skor 21-14, 19-21, 21-18 dalam waktu 81 menit.

Pertandingan panjang ini berlangsung begitu menegangkan, terutama di game ketiga. Greysia/Apriyani yang tertinggal di awal permainan hingga 2-6, kembali menebar ancaman saat mereka mampu menyamakan kedudukan 8-8 bahkan balik memimpin 10-8.

Akan tetapi, pertarungan belum selesai, Juhl/Pedersen yang merupakan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 terus berusaha menakan dengan serangan-serangan cepat dan tajam yang memang menjadi andalan mereka. Keduanya tak mau masuk ke dalam irama permainan Greysia/Apriyani seperti di game pertama.

Berbekal keyakinan dan semangat pantang menyerah, Greysia/Apriyani akhirnya meredam tekanan tersebut dan menutup game ketiga dengan kemenangan.

"Lawan kami adalah salah satu pasangan terbaik dunia saat ini, tidak mudah menghadapi mereka. Kami harus selalu bisa menjaga fokus. Di permainan ini, mental dan strategi betul-betul diadu," ujar Greysia kepada badmintonindonesia.org setelah pertandingan.

"Pertandingan ini adalah pengalaman berharga buat saya. Tadi saya tidak bisa mengandalkan kekuatan, ketahanan, tapi semua dari pikiran. Ini yang berkali-kali dingatkan kak Greys dan koh Didi (Eng Hian) kepada saya. Saya kalau dibandingin dengan lawan sih jauh banget ya pengalamannya, tapi bagaimana caranya tadi saya mengatur mindset saya di lapangan," ungkap Apriyani.

"Saya juga sudah bisa menebak bola-bola lawan itu ke mana arahnya, atau ketika mereka tiba-tiba mempercepat permainan. Saya sudah pelajari dari video pertandingan, ini juga yang buat saya tambah percaya diri," tambah Apriyani.

Lawan yang akan dihadapi Greysia/Apriyani di final adalah ganda Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Laga final pada Minggu (4/2/2018) besok akan menjadi pertemuan ketiga bagi kedua pasangan. Sejauh ini kedua pasangan sama-sama menang sekali.

"Kami tidak pilih-pilih lawan, mau lawan siapa saja, yang penting dari diri kami siap. Nanti kami akan menonton video pertandingan untuk mempelajari permainan mereka," tutur Greysia.


(mfi/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed