detiksport
Follow detikSport
Rabu, 07 Feb 2018 17:22 WIB

Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia

Singapura Kandas Lagi, Indonesia Lolos Perempatfinal

Femi Diah - detikSport
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto
Alor Setar - Indonesia memastikan tiket ke babak perempatfinal Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia. Fitriyani dkk. pun makin dekat untuk melaju ke putaran final di Bangkok.

Indonesia masih menyisakan satu laga di babak Grup Z Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia. Pertandingan dengan tim asal Negeri Tembok Raksasa itu dijadwalkan Kamis (8/2/2018).

Kendati belum bertanding, Indonesia sudah memastikan tempat di babak perempatfinal. Tiket itu didapatkan srikandi Merah Putih berkat hasil di laga lain, dengan Singapura dikalahkan China 0-5 di Stadium Sultan Abdul Halim, Rabu (7/2). Kekalahan itu membuat Singapura selalu kalah di babak grup.

Hasil itu sekaligus membuka peluang lebih besar bagi Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Uber di Bangkok pada 20-27 Mei 2018.

Kendati tim putri Indonesia sudah mengamankan tempat di putaran final, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, tetap menginstruksikan agar Fitriyani dkk. tetap tampil habis-habisan dalam laga dengan China. Dia tak ingin para pemain sudah kalah sebelum bertanding.

"Peluang (untuk menang atas China) itu tetap ada, kami mencoba untuk positive thinking. Saya sih tidak mau berpikir berat, kalau namanya belum mulai ya belum kalah dong. Kalau kita mau juara, harus berani. Walaupun di depan kita ada juara dunia, ya lawan saja," kata Susy dalam rilis PBSI kepada detikSport.

Apalagi Susy menilai China memiliki kelemahan di nomor ganda. Kali ini mereka menurunkan pelapis, He Jiting/Tan Qiang dan Han Chengkai/Zhou Haodong dan mengistirahatkan ganda terbaik dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Untuk nomor tunggal, Chian diperkuat Chen Yufei dan He Bingjiao yang merupakan dua tunggal putri terbaik China saat ini. Untuk tunggal ketiga mereka memercayakan kepada Gao Fangjie.

"Untuk tunggal putri, ketiga pemain punya kesempatan untuk menyumbang angka, asalkan mereka main maksimal. Yang penting anak-anak mainnya bukan cuma lepas, tapi harus semangat dan siap capek," kata Susy.

"Kami maunya menurunkan yang terbaik, pasti kami akan berhitung soal head to head maupun peluang tiap pemain. Kalau bisa amankan poin dan juara grup kenapa tidak?" Susy menambahkan.

Hasil pertandingan China vs Singapura 5-0

Chen Yufei vs Chua Hui Zhen Grace 21-12, 21-8
Du Yue/Li Yinhui vs Ong Ren He/Wong Jia Ying Crystal 21-14, 21-18
He Bingjiao vs Jia Rong Sito 21-12, 21-10
Dong Wenjing/Feng Xueying vs Koh Ker'Sara/Lim Zhi Rui Bernice 21-10, 21-12
Gao Fangjie vs Khan Nur Insyirah 21-6, 21-12

Klasemen sementara Grup Z

PeringkatKlubMainMenangSeriKalahPertandinganGame
1China11005-010-0
2.Indonesia11005-010-0
3.Singapura20020-100-20
(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed