DetikSport
Kamis 01 Maret 2018, 17:35 WIB

Ini yang Harus Dibenahi dari Permainan Jonatan Christie

Mercy Raya - detikSport
Ini yang Harus Dibenahi dari Permainan Jonatan Christie Jonatan Christie (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Susy Susanti mengungkap apa-apa saja yang harus dibenahi dari permainan Jonatan Christie, yang disebutnya masih sedikit monoton.

Saat ini Jonatan menempati peringkat ke-12 dunia, ketinggalan dari Anthony Sinisuka Ginting yang sudah berada di posisi ke-10 dunia. Menurut Susy, keduanya memang punya tingkat kematangan berbeda di lapangan.

"Kematangan seorang atlet memang berbeda-beda. Di lapangan memang Anthony lebih taktis dan komplet mainnya. Sementara Jonatan sendiri agak sedikit monoton secara permainan," kata Susy di pelatnas Cipayung, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

"Nah, ini yang harus kami benahi. Dari pola main, dari cara dia mengatur irama lawan, ya menganalisa mungkin ini harus main cepat atau main lambat dulu. Hal ini yang mungkin masih belum dipahami dari Jonatan. Dia harus main seperti apa? Jadinya monoton."

"Jadi artinya dia belum bisa menerapkan pola sesuai dengan yang dibutuhkan. Lawan ini harus apa, lawan ini harus berubah bagaimana, itu yang kadang-kadang belum stabil," tuturnya.

Satu hal yang diapresiasi Susy adalah saat Jonatan senantiasa jadi andalan Indonesia dalam menghadapi lawan-lawan di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2018, di Malaysia.

"Nah, kemarin di Kejuaraan Asia itu sudah bagus. Karena dia begitu sudah tahu. Nah, itu kematangan seorang pemain di sana. Dia tahu polanya, dia tahu harus memberikan permainan kepada lawan seperti apa. Sebab menghadapi lawan beda-beda polanya, main serangkah, atau main reli-reli lalu serang. Jadi memang itu yang membedakan pemain muda dan matang," tutur Susy.



(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed