detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 07 Mar 2018 01:38 WIB

Jerman Terbuka

Praveen/Melati Lewati Babak Kualifikasi, Hafiz/Gloria Terhenti

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti lolos ke babak utama Jerman Terbuka (Tim Humas Dan Media PP PBSI) Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti lolos ke babak utama Jerman Terbuka (Tim Humas Dan Media PP PBSI)
Mulheim an der Ruhr - Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memastikan diri lolos ke babak utama Jerman Terbuka usai lolos dari kualifikasi. Sementara itu, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja langsung kandas.

Praveen/Melati berhadapan dengan pasangan Denmark, Kristoffer Knudsen/Isabella Nielsen, pada pertandingan babak kualifikasi di Innogy Sporthalle, Mulheim an der Ruhr, Selasa (6/3/2018). Mereka menang dua game langsung atas lawannya itu dengan skor 21-14, 21-11.

Di Jerman Terbuka, aturan batasan tinggi servis 115 cm dari permukaan lapangan mulai diuji coba. Servis Praveen tercatat satu kali disalahkan oleh hakim servis karena terlalu tinggi, sedangkan Melati tiga kali.


"Hari ini lawan kami masih di bawah kami, jadi secara permainan kami lebih unggul. Di pertandingan tadi, kami lebih banyak coba-coba pukulan dan servis," ujar Praveen kepada Badmintonindonesia.org.

"Servis saya tiga kali di-fault sama hakim servis. Di game pertama dua kali, di game kedua sekali. Dibilangnya terlalu tinggi. Saya mencoba kalau di-fault jangan sampai kepikiran dan keganggu permainannya," ujar Melati.

"Hari ini kami ambil pengalaman soal aturan servis ini, semoga besok kami bisa lebih menyesuaikan diri dengan aturan ini. Sudah beberapa kali latihan servis di pelatnas dengan alat pengukur tinggi servis, jadi kurang lebih tahu batasannya bagaimana," tutur Melati.

Praveen/Melati selanjutnya akan menantang ganda campuran Malaysia peraih perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di babak pertama, Rabu (7/3/2018).

Ini akan menjadi pertemuan kedua di antara mereka. Sebelumnya, Praveen/Melati mengalahkan Chan/Goh di India Terbuka 2018 dengan skor 12-21, 21-15, 21-15.

"Pertandingan akan ramai. Kemenangan di India Open cuma bisa jadi patokan permainan saja, ada gambaran lah. Tetapi besok tetap saja kami anggap 0-0 lagi, mulai dari nol lagi," ujar Praveen.

"Kami sudah tahu permainan lawan, tetapi harus siap, siapa tahu permainan mereka berubah lagi. Harus lebih fokus dan siap dengan segala perubahan diterapkan lawan," tutur Melati.

Pada pertandingan lainnya, Hafiz/Gloria yang langsung tampil di babak utama tak bisa melangkah lebih jauh. Mereka harus mengakui keunggulan pasangan Taiwan, Wang Chi-Lin/Lee Chia Hsin, di babak pertama dengan skor 17-21, 19-21.

Praveen/Melati Lewati Babak Kualifikasi, Hafiz/Gloria TerhentiHafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja tak bisa melaju lebih jauh (Tim Humas Dan Media PP PBSI)

Hafiz mengatakan, faktor nonteknis menjadi penyebab utama kekalahan dirinya dan Gloria.

"Kuncinya dari awal saja, kurang siap. Secara teknik permainan, sebetulnya lawan tidak terlalu menyulitkan. Kalau kami bisa full fokus dari awal, kami yakin tidak akan seperti ini. Dari awal kami startnya kurang bagus, lalu kepancing emosinya, jadi mainnya tidak keluar," ujar Hafiz.

"Yang penting dari kami berdua, fokusnya yang paling penting. Bagaimana supaya fokus? Ya harus dari dalam diri sendiri," katanya.

(mfi/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed