detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 14 Mar 2018 17:37 WIB

PBSI Akan Turunkan Kekuatan Terbaik di Asian Games

Mercy Raya - detikSport
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Susy Susanti (Grandyos Zafna/detikSport) Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Susy Susanti (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Pengurus Pusat persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) akan menurunkan kekuatan terbaik pada Asian Games 2018. Detail nama sedang digodok.

Asian Games akan bergulir 18 Agustus sampai 2 September di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. Bulutangkis menjadi satu dari 40 cabang yang dipertandingkan, juga diprioritaskan untuk bisa sumbang medali emas.

PBSI terus menggeber persiapan timnya termasuk menyiapkan nama-nama yang akan diturunkan pada multievent empat tahunan tersebut.

"Untuk persiapan Asian Games, nominasi nama untuk long listnya sudah masuk. Bahkan, kami juga sudah siapkan untuk Olimpiade 2020 Tokyo karena memang waktu sudah tidak lama," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, kepada detikSport.

"Saat ini plot nominasi sudah ada tiga nama di masing-masing sektor. Jadi long list sudah kami masukkan tapi nanti terakhir kuota atlet hanya dua wakil saja di setiap sektor," dia menambahkan.

Susy mengatakan batas akhir penetapan tim inti akan dilakukan pada 30 Juni, atau saat entry by name. Dia masih mematangkannya.

"Tapi, untuk penetapan nanti dulu karena saya tidak ingin terlalu jauh. Yang jelas nama sudah ada dan diharapkan masing-masing sektor masuk semua," Susy menjelaskan.

[Baca Juga: PBSI Minta Owi/Butet Manfaatkan Pengalaman di Asian Games]

Di Asian Games, bulutangkis diharapkan bisa meraih minimal dua medali emas. Itu demi mewujudkan target pemerintah yang ingin lolos 10 besar Asia dengan minimal torehan 16 medali emas. PBSi akan berupaya semaksimal mungkin.

"Pertama satu emas, kemudian minta dua medali emas. Saya berharap satu dulu, tapi kami usahakan dapat dua," sebut peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona ini.

[Baca Juga: Harapan Christian Hadinata di Asian Games: Juara Umum & Emas Ganda Campuran]

"Tentu harapannya ada sukses penyelenggaraan juga sukses prestasi. Selain itu, di Indonesia Master Januari lalu hasilnya juga lumayan, meloloskan 4 wakil. Di sana bisa menjadi uji coba dan lawannya juga sudah biasa, mudah-mudahan bisa terulang," dia berharap.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed