DetikSport
Minggu 18 Maret 2018, 02:59 WIB

All England

Tugas Kevin/Marcus: Pertahankan Gelar & Teruskan Rintisan Christian/Ade Chandra

Femi Diah - detikSport
Tugas Kevin/Marcus: Pertahankan Gelar & Teruskan Rintisan Christian/Ade Chandra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon diharapkan mampu mermpertahankan gelar All Englan. (Agung Pambudhy/detikSport)
FOKUS BERITA: All England 2018
Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya harapan untuk melanjutkan tradisi yang sudah dibangun Christian Hadinata dan Ade Chandra di All England. Mampukah?

Kevin/Marcus berpeluang untuk memertahankan gelar juara ganda putra All England. Mereka akan berebut gelar dengan pemenang antara Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan Mathias Boe/Carsten Mogensen di final, Minggu (18/3/2018). Laga itu akan disiarkan live streaming di detikSport.

Tahun lalu, Kevin/Marcus mengalahkan ganda China, Li Junhui/Liu Yuchen untuk menjadi juara. Ganda putra terbaik Tanah Air itu menang dua game langsung 21-19, 21-14.

[Baca Juga: Kalahkan Conrad/Kolding, Kevin/Marcus ke Final All England]

Selain sebagai kesempatan untuk memertahankan gelar, final All England itu menjadi kesempatan Kevin/Marcus untuk melanjutkan rintisan Christian/Ade. Merekalah yang tercatat sebagai juara ganda putra All England yang pertama dari Indonesia.

Ya, Christian/Ade merintis jalan ganda putra di All England. Mereka tampil pada All England 1972. Pada pengalaman pertama itu pula, Christian/Ade menjadi juara.

Berbeda dengan sektor tunggal putra. Di tahun yang sama, Rudy Hartono sudah meraih gelar juara untuk kali kelima beruntun.

"Waktu itu kan nomor paling bergengsi ada di tunggal putra, yakni Rudy Hartono. Kami sama sekali tak dilihat," kata Christian, yang kini masuk jajaran pelatih PB Djarum Kudus itu, mengenang.

"Nomor itu milik pemain-pemain Eropa," dia menambahkan.

Sejak Christian dan Ade meraih gelar juara ganda putra, Indonesia boleh dibilang menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan. Hingga kini, ganda putra Indonesia mengoleksi 19 gelar juara.

"Setelah saya menjadi juara ganda putra itu, ganda putra menjadi booming. Saya optimistis akan banyak juara All England dari ganda putra. Apalagi, setelah era Rexy Mainaky dan Ricky Soebagdja, ganda putra menjadi semakin menarik, juga saat ini dengan Kevin dan Marcus," ujar dia.

Sepanjang kariernya, Christian mengoleksi tiga gelar juara All Enngland. Dua dari ganda putra, dengan dua-duanya diraih bersama Ade Chandra (pada 1972 dan 1972) kemudian di sektor ganda campuran bersama Imelda Wiguna.

Christian berharap Kevin/Marcus menjaadi juara All England lagi tahun ini. Dia optimistis Kevin/Marcus mampu mengemban tugas tersebut.

"Asal sedang tidak sakit dan cedera, tak akan ada yang mampu mengalahkan mereka saat ini," ujar Christian.

---
Bagi Anda yang ingin anak-anak menjadi bintang seperti mereka, segera ikuti audisi Umum Djarum Beasiswa ini. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.
(fem/din)

FOKUS BERITA: All England 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed