detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 22 Mar 2018 16:45 WIB

Warna Bola Tenis Hijau atau Kuning?

AN Uyung Pramudiarja - detikSport
Bola tenis berwarna kuning atau hijau? (Thinkstock) Bola tenis berwarna kuning atau hijau? (Thinkstock)
Jakarta - Pertanyaan sederhana untuk kamu. Apakah bola tenis berwarna hijau atau berwarna kuning?

Kontroversi soal warna bola tenis ini muncul dari sebuah polling yang dilakukan netizen di Twitter. Sang pemilik akun bertanya apakah bola tenis berwarna kuning atau hijau.

Ternyata ada ribuan orang berpartisipasi di polling tersebut. Hasilnya? Orang yang yang menilai bola tenis berwarna hijau unggul tipis dibanding kubu yang menyebut bola tenis berwarna kuning.

Berbagai argumen bermunculan, bahkan disertai analisis spektrum warna. Salah seorang pendukung bola tenis berwarna kuning menyebut, perbandingan komposisi warna Red-Green-Blue lebih menunjukkan bahwa warna bola tenis dalam gambar yang diperdebatkan adalah kuning.

Tapi bagaimana pendapat petenis profesional soal warna bola tersebut?

Seorang jurnalis menanyakannya langsung ke Roger Federer tentang hal itu. Federer menjawab kuning.

"Itu kuning kan?" kata Federer.






Federer, tentu saja, benar.

Menurut aturan ITF (International Tennis Federation) bola tenis itu berwarna kuning, yang dikenal sebagai The Yellow Ball.

Sejarahnya, bola tenis pada awalnya berwarna hitam atau putih, di mana pemilihannya tergantung pada warna permukaan lapangan. Baru pada tahun 1972 ITF memperkenalkan bola tenis berwarna kuning sebagai bagian dari aturan permainan tersebut.

Alasannya, berdasarkan penelitian bola berwana kuning lebih mudah terlihat saat pertandingan tayang di televisi. Ketika itu cuma Wimbledon yang masih memakai bola warna putih, meski kemudian ikut memakai bola kuning di 1986.

Dalam beberapa tahun sejak pertama diperkenalkan, aturan soal The Yellow Ball banyak berubah. Bola yang sekarang dipakai merupakan hasil perubahan terakhir yang dilakukan pada 1996.
(up/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed