detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 04 Apr 2018 14:57 WIB

PBSI Targetkan Minimal Satu Gelar di Kejuaraan Asia 2018

Mercy Raya - detikSport
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti (Foto: Grandyos Zafna/detikSport) Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Ada 30 pemain yang diturunkan Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) dalam Kejuaraan Asia Bulutangkis 2018 di China. Minimal satu gelar ditargetkan dari ajang tersebut.

Kejuaraan Asia akan berlangsung di Wuhan, China, 24-29 April mendatang dan menjadi bagian persiapan menuju Piala Thomas dan Piala Uber. Ganda nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tidak diturunkan di Kejuaraan Asia ini.

"Kevin/Marcus memang kami tarik karena Marcus akan menikah. Jadi persiapan untuk itu. Tapi di luar itu, ganda putra tetap full ikut karena secara rangking mereka masuk semua," tutur Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga PBSI Susy Susanti kepada detikSport, Rabu (4/4/2018).


"Di Kejuaraan Asia ini kami menargetkan minimal satu gelar ya, karena pertandingan banyak sekali dan kami melihat peak perfomance atlet beda-beda. Jadi untuk unggulan diharapkan bisa menunjukkan terbaik sementara bagi pelapis menjadi kesempatan mereka untuk meningkatkan rangking dan pengalaman," kata Susy.

Khusus sektor tunggal putri, Susy tak ingin terlalu ngoyo mematok target. Dia menyadari sektor tersebut masih membutuhkan proses panjang untuk bisa menyamai sektor-sektor lainnya.

"Memang kalau kelas putri bisa dibilang targetnya di bawah. Kemarin level-level internasional challenge sudah ada yang bisa tembus juara, sekarang kami naikkan ke level grand prix, dan itu akan naik seterusnya," ucap Susy.

"Saya tidak menuntut tunggal putri harus juara asia atau dunia karena dilihat dari perjalanannya belum ke sana. Tapi minimal 8 besar lah sekaligus bagaimana cara kami meloloskan sebanyak-banyaknya tunggal putri ke rangking 30 dunia. Itu targetnya meski saya tahu masing-masing atlet punya target sendiri."

"Begitu dengan tunggal putra serta sektor-sektor lainnya. Semua punya target masing-masing. Sekaligus ini sebagai bentuk evaluasi dan penilaian kami untuk promosi degradasi nanti," katanya.

Berikut atlet Indonesia yang diturunkan di Kejuaraan Asia 2018:

Tunggal Putri
Lyanny Alessandra Mainaky (kualifikasi)
Hanna Ramadini
Dinar Dyah Ayustine

Tunggal Putra
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Ihsan Maulana Mustofa

Ganda Putra
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Angga Pratama/Rian Agung Saputro (kualifikasi)
Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto
Berry Angriawan/Hardianto

Ganda putri
Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta
Anggia Shitta/Ni Ketut Mahadewi
Keshya Nurvita/Devi Tika
Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda campuran
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti
Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa
Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed