detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 21 Apr 2018 19:15 WIB

Liliyana Natsir: Atlet Wanita Tak Boleh Manja

Mercy Raya - detikSport
Liliyana Natsir (Foto: Okdwitya Karina Sari) Liliyana Natsir (Foto: Okdwitya Karina Sari)
Jakarta - Buat Liliyana Natsir, RA Kartini amat bermakna. Dirinya bisa seperti sekarang berkat perjuangan keras Kartini. Ia pun menegaskan atlet wanita tak boleh manja.

Saat ini siapa tak kenal Liliyana Natsir. Kiprahnya di dunia bulutangkis nomor ganda campuran sudah membuahkan segudang prestasi yang turut mengharumkan nama Indonesia.

Akan tetapi, Liliyana menegaskan bahwa itu semua tidak lepas dari perjangan RA Kartini di masa lampau. Maka dari itu tanggal 21 April, hari Kartini, punya arti tersendiri untuk pebulutangkis yang akrab disapa Butet tersebut.


"Makna hari Kartini untuk saya adalah perjuangan untuk wanita menjadi dirinya sendiri," kata Liliyana kepada detikSport, Sabtu (21/4/2018).

"Mungkin jika tidak ada ibu Kartini saya juga tidak bisa menjadi atlet wanita seperti sekarang. Sebagai atlet wanita, saya harus tangguh, mandiri dan tidak boleh manja sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ucapnya.

Di kehidupan sehari-hari, Liliyana pun memiliki sosok ibunda yang jadi sosok Kartini tempatnya menggali inspirasi. "Mama adalah orang yang sangat bijak, beliau juga yang mengayomi anak-anaknya dan mengerti, serta mendukung apa yang menjadi pilihan anaknya."


Sepak terjang Liliyana di dunia bulutangkis tak pelak menjadikannya salah satu sosok Kartini dunia modern jadi sumber inspirasi atlet-atlet putri generasi di bawahnya. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2017 ini pun ingin terus bisa berprestasi.

"Selama saya masih diberi kesempatan dan masih ada kesempatan untuk bersaing di level dunia saya akan memaksimalkan kemampuan saya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara," katanya.

"Berprestasi dan memberikan kontribusi positif untuk negeri adalah cerminan Kartini jaman sekarang," ucap Liliyana saat memberikan pesan buat para atlet putri generasi masa kini.

"Jadilah wanita yang kuat, cerdas, pantang menyerah, dan jangan pernah merasa wanita itu lemah. Zaman sekarang wanita punya kesempatan yang sama, punya kemampuan yang tidak kalah bagusnya dengan pria untuk berprestasi di level dunia," tuturnya.



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed