detiksport
Follow detikSport
Kamis, 03 Mei 2018 15:20 WIB

Bukan Dari Keluarga Atlet, tapi Aldila Akrab dengan Tenis Sejak Kecil

Femi Diah - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikSport Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Jakarta - Aldila Sutjiadi sudah mengenal tenis sejak balita. Dia pun tak menganggap berlatih tenis dan mengikuti turnamen setiap akhir pekan sebagai beban.

Kini, Dila menjadi petenis terbaik Tanah Air. Petenis asal DKI Jakarta yang kini berusia 22 tahun itu tengah bersiap menuju Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Rupanya, dunia tenis sudah bukan barang baru bagi Dila. Dia sudah mengenal sejak usia di bawah lima tahun.

"Dulu pernah main basket, tapi mungkin karena memang sudah jalannya untuk menjadi petenis aku terus bergelut di bidang ini," kata Dila dalam wawancara One on One dengan detikSport.

"Aku memang sudah kenal tenis dari kecil. Mama dan papa hobi tenis. Aku latihan tensi pun nggak dipaksa malah senang karena orang tua kasih dukungan. Kakak juga. Teman-temanku banyak yang di tenis. Lingkungannya memang tenis. Jadi memang sering nonton tenis," dia menuturkan.

Baca Juga: Aldila Sutjiadi Selaraskan Prestasi Tenis dan Akademi

"Latihan abis sekolah. Jadi sudah terbiasa. bahkan aku pindah sekolah saat SMP karena sekolah yang lama di SD Don Bosco Kelapa Gading sulit kasih dispensasi," ujar Dila.

Dila pun tak goyah kendati harus berlatih dan tampil di turnamen di bawah terik matahari. Dia justru selalu menantikan akhir pekan untuk mengikuti turnamen Sabtu-Minggu. Setelah memasuki usia 14 tahun, Dila mantap menjadikan tenis sebagai jalan hidupnya.

"Dari kecil sudah disuruh panas-panasan. Awalnya doank males. Dulu, karena teman-temannya belum ada. Yang latihan cuma 3-4 orang, makin lama makin banyak. Setiap saat nambah main lama makin nambah jadi makin suka," tutur Dila yang berulang tahun ke-23 pada 2 Mei itu.

Baca Juga: Aldila Sutjiadi Cemerlang di Tenis, Jadi Bintang di Kampus

"Kemudian ikut turnamen Sabtu-Minggu, kemudian main di ITF Junior KU-14. Jadi juara. Terus ada seleksi, yang juara dijanjiin ke Eropa, aku juga juara," ujar dia.

Hingga kini, Dila masih setia berlatih pagi dan sore. Dia juga aktif mengikuti turnamen nasional dan internasional.


(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed