Laporan dari Thailand

Kalah, Anthony Akui Kurang Konsisten

Okdwitya Karina Sari - Sport
Rabu, 23 Mei 2018 16:43 WIB
Anthony Sinisuka Ginting saat menghadapi Son Wan Ho di fase grup Piala Thomas 2018 (Foto: dok: Tim Humas dan Media PP PBSI)
Bangkok - Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Son Wan Ho dengan skor tipis di Piala Thomas 2018. Anthony mengaku dirinya memang kurang konsisten di poin-poin krusial.

Anthony menghadapi Son dalam partai pertama laga penentuan juara Grup D antara Indonesia melawan Korea. Bertanding di Impact Arena, Rabu (23/5/2018), Anthony kalah dengan skor akhir 20-22, 20-22.
Anthony gagal mempertahankan keunggulannya yang dijaga di hampir sebagian besar gim pertama. Skenario serupa terjadi di gim kedua. Anthony sempat unggul 19-16 namun pada akhirnya dipaksa mengakui ketangguhan pebulutangkis nomor dua dunia itu.

"Yang bikin gagal menyelesaikan gim tadi, pertama banyak melakukan kesalahan sendiri mungkin dari pikiran," kata Anthony di mixed zone. "Kalau sudah leading begitu, saya malah jadi ngga konsisten waktu saya poin dari awal sampai 19."

"Saat itu saya mengajak dia main alot, tapi malah itu memancing saya untuk nyerang yang membuat dia enak karena defense dia bagus. Andai tadi saya lebih konsisten, mungkin bisa menyelesaikan pertandingan," tuturnya.
Anthony menilai ada pelajaran yang diambil dari Son. Ketenangan lawannya itu bisa ia tiru.

"Dia tetap tenang walau tertinggal di momen krusial. Contohnya ketika saya melakukan fake smash untuk mengagetkan dia, tapi dia tidak goyah. Waktu saya memimpin 19-16, dia tetap fokus tetap konsisten," ucapnya.

Kekalahan Anthony membuat Indonesia tertinggal lebih dahulu dari Korea. Namun, ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon Fernaldi mampu menyeimbangkan kedudukan usai memenangi partai kedua.


(rin/krs)