detiksport
Follow detikSport
Minggu, 03 Jun 2018 15:45 WIB

Selamat Ulang Tahun, Nadal!

Femi Diah - detikSport
Foto: Christian Hartmann/Reuters Foto: Christian Hartmann/Reuters
Jakarta - Petenis Spanyol si raja lapangan tanah liat, Rafael Nadal, berulang tahun hari ini. Dia genap berusia 32 tahun.

Lagi, lagi, Nadal merayakan ulang tahun saat tampil di Prancis Terbuka, turnamen yang menjadi 'rumah' bagi dia. Nadal menandainya, sampai saat ini, dengan lolos ke babak 16 besar Prancis Terbuka 2018.

Tempat itu didapatkan Nadal usai menyingkirkan Richard Gasquet di babak ketiga Prancis Terbuka. Nadal menang 6-3, 6-2, 6-2 di lapangan Philippe Chatrier, Roland Garros, Paris, Sabtu (2/6/2018).

Baca Juga: Nadal Masih Terlalu Tangguh untuk Gasquet

Selanjutnya, Nadal akan berhadapan dengan petenis asal Jerman, Maximilian Marterer. Lawan bukanlah petenis unggulan di Prancis Terbuka ini. Sebaliknya, Nadal merupakan unggulan pertama.

Ya, sempat naik turun dilanda cedera, Nadal kembali ke puncak peringkat ATP. Nadal membuktikan pertambahan usia bukan berarti prestasi menurun.


Sejauh ini, saat merayakan ulang tahun ke-32, Nadal sudah mengoleksi 16 gelar juara turnamen tenis grand slam, dengan sepuluh di antaranya dari Prancis Terbuka. Tiga gelar grand slam lain didapatkan dari Amerika Serikat Terbuka, dua dari Wimbledon dan sebiji titel dari Australia Terbuka.

Sejumlah rekor juga telah dicatatkan Nadal pada usia 32 tahun ini. Di antaranya, menjadi petenis putra pertama yang berhasil menjadi juara 10 kali pada satu turnamen grand slam, juga berhasil membukukan sepuluh kemenangan beruntun dan satu gelar juara pada 2005 hingga 2014 pada turnamen grand slam, menjuarai tiga turnamen grand slam pada satu musim, tiga kali juara beruntun pada tiga permukaan lapangan berbeda. Semuanya dihitung sejak 1877.



Nadal juga menjadi petenis putra pertama yang mengoleksi sepuluh gelar juara Prancis Terbuka sejak 1925, juga menjadi petenis putra pertama dengan gelar juara paling sering dalam satu turnamen (Monte Carlo Masters) sejak 1970.

Sejumlah penghargaan di samping raihan trofi juga sudah dimiliki Nadal. Namanya, diabadikan menjadi nama lapangan utama di Barcelona Terbuka: pista Rafa Nadal. Namanya juga disematkan sebagai nama asteorid yang ditemukan pada 2003 di Observatorium Arstronomi Mallorca dengan 128036 Rafaelnadal.

Tak melulu penghargaan dan trofi, Nadal manusia biasa yang pernah 'jatuh'. Beberapa waktu lalu, dia berulang kali harus absen dari turnamen karena cedera. Gaya bermainnya disebut-sebut sebagai penyebab utama cedera beruntun itu.

Kini, jaga kesehatan dan kebugaran, Nadal! Selamat ulang tahun!

(fem/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed