detiksport
Follow detikSport
Minggu, 10 Jun 2018 23:13 WIB

Kandaskan Thiem, Nadal Rengkuh Gelar Juara Prancis Terbuka ke-11

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Rafael Nadal juara Prancis Terbuka 2018. (Foto: Pascal Rossignol/Reuters) Rafael Nadal juara Prancis Terbuka 2018. (Foto: Pascal Rossignol/Reuters)
Paris - Rafael Nadal berhasil meraih gelar juara Prancis Terbuka ke-11. Di final, Nadal tampil lebih dominan untuk mengalahkan Dominic Thiem tiga set langsung.

Di Lapangan Philippe Chartrier, Minggu (10/6/2018) malam WIB, petenis nomor satu dunia itu memenangi pertandingan dengan skor 6-4, 6-3, 6-2, dalam waktu 2 jam 42 menit. Bagi Nadal, ini adalah gelar Grand Slam ke-17 dalam kariernya hanya berjarak tiga trofi dari peraih titel terbanyak, Roger Federer (20).

Pada pertandingan ini, Nadal memenangi 68 persen poin di servis pertamanya berbanding 57 persen milik Thiem. Petenis Spanyol itu hanya membuat 26 winner, lebih sedikit dari lawan namun terbantu dengan 42 unforced error yang dilakukan Thiem.


Dengan titel Roland Garros, Nadal melengkapi gelar juaranya di musim tanah liat 2018 dengan juara di Monte Carlo dan Barcelona (gelar ke-11), dan Roma Masters (gelar kedelapan). Madrid Terbuka menjadi satu-satunya turnamen yang gagal dijuarai petenis kidal ini usai dikalahkan Thiem di final.

Rafael Nadal meraih gelar Prancis Terbuka ke-11Rafael Nadal meraih gelar Prancis Terbuka ke-11
Foto: Pascal Rossignol/Reuters

Pertandingan berlangsung seru di set pertama. Nadal dan Thiem saling mematahkan servis di gim awal namun kedua petenis bisa mempertahankan servisnya sampai kedudukan 4-4. Dalam kedudukan tertinggal 4-5, Thiem justru banyak melakukan kesalahan sendiri di gim terakhir sehingga Nadal bisa merebut set.

Lagi-lagi Nadal mematahkan servis pertama Thiem untuk unggul 2-0 di set kedua. Ini adalah momen kunci bagi Nadal. Tidak hanya kesulitan mematahkan servis Nadal, Thiem juga banyak melakukan kesalahan sendiri.


Nadal tampil apik untuk mematahkan servis Thiem di gim ketiga sehingga unggul 2-1. Namun, saat unggul 30-0 di gim berikutnya, Nadal memanggil petugas medis karena bermasalah dengan jari-jari tangan kirinya sebelum akhirnya melanjutkan pertandingan.

Thiem kehilangan ritme permainannya. Nadal berhasil mengonversi tiga break point untuk memimpin 5-2 setelah forehand pengembalian Thiem terlalu melebar.

Thiem tidak kalah tanpa perlawanan usai memaksakan deuce usai tertinggal 0-40. Nadal butuh dua match point dan memastikan kemenangannya setelah pukulan pengembalian Thiem terlalu panjang dari baseline.


(rin/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed