detiksport
Follow detikSport
Selasa, 12 Jun 2018 15:41 WIB

Federer Sanjung Pencapaian Nadal, Bertekad Rebut Status Nomor Satu

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Roger Federer akan comeback di Stuttgart Terbuka. (Foto: Alex Grimm/Getty Images) Roger Federer akan comeback di Stuttgart Terbuka. (Foto: Alex Grimm/Getty Images)
Stuttgart - Roger Federer menyebut sukses Rafael Nadal menjuarai Prancis Terbuka ke-11 tidak terbayangkan'. Namun, Federer bertekad melengserkan Nadal dari peringkat satu.

Gelar tersebut didapat Nadal setelah mengalahkan unggulan ketujuh asal Austria Dominic Thiem dengan skor 6-4, 6-3, 6-2, di final, Minggu (10/6/2018). Titel juara yang semakin menegaskan status Nadal sebagai Raja Tanah Liat karena kini dia mengoleksi 57 gelar di permukaan itu dari total 79 titel di sepanjang kariernya.

Dengan demikian, petenis kidal Spanyol itu memiliki 17 titel Grand Slam hanya berjarak tiga trofi dari rekor terbanyak Federer (20). Federer sendiri melewatkan musim tanah liat demi fokus ke turnamen-turnamen lapangan rumput yang merupakan favoritnya.


Petenis Swiss itu akan menjalani laga pertama sejak Maret di Stuttgart Terbuka. Federer dipastikan akan kembali menduduki ranking pertama apabila mampu mencapai final.

"Anda hanya bisa menggunakan superlatif untuk menggambarkannya. Untuk memenangi satu turnamen sebanyak 11 kali tidak terbayangkan," kata Federer yang dikutip Omnisport. "Tampak begitu mudah bagaimana dia (Nadal) melakukan itu lagi di Paris. Aku tidak banyak menyaksikan pertandingan itu karena aku sudah tiba di sini (Stuttgart), melakukan pemanasan, dan berlatih sendiri."

"Tapi aku tidak perlu melihatnya untuk tahu setangguh apa dia dan hal-hal menakjubkan yang sudah dia capai."


"Aku cukup menyangka bahwa Rafa akan memenangi Prancis Terbuka, tapi hal itu tidak mengurangi apa yang suda dia lakukan, tapi dia kembali bermain sangat baik di tanah liat menjelang Prancis Terbuka sehingga aku berpikir dia akan memenanginya."

"Dengan dia memenanginya maka situasinya seperti yang kubayangkan di mana aku harus tampil di final turnamen ini untuk kembali ke peringkat satu. Kurasa itu menjadi sedikit motivasi, tapi lagi-lagi, kalah di sini di babak pertama (tahun lalu) membuatku tidak ingin berpikir terlalu jauh dulu," terang Federer.

Stuttgart Terbuka telah dimulai sejak kemarin (11/6), dan Federer akan melakoni laga pertamanya melawan petenis tuan rumah Mischa Zverev di babak kedua pada Rabu (13/6).


(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed