detiksport
Follow detikSport
Rabu, 11 Jul 2018 18:05 WIB

Ketika Liliyana 'Dinego' Agar Tunda Pensiun

Mercy Raya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikSport Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Jakarta - Liliyana Natsir membuka peluang untuk pensiun usai Asian Games 2018. Tapi, justru semakin banyak desakan agar peraih medali emas Olimpiade 2016 itu menundanya.

Harapan itu muncul di sela-sela pemberian penghargaan kepada atlet dan pelatih juara Indonesia Open 2018 oleh Djarum Foundation dan Blibli.com di Indonesia Galeri Kaya, Grand Indonesia, Rabu (11/7/2018). Acara yang juga dihadiri oleh ibunda dari Liliyana Natsir, Olly Marammis, serta perwakilan dari PP PBSI dan PB Djarum tersebut berlangsung cair dan haru setelah Liliyana kembali mengungkap keputusannya untuk mundur dari dunia bulutangkis.

"Memang rencananya seperti itu. Sebenarnya setelah Olimpiade 2016 Rio itu menjadi goal-nya. Tapi, setelah berbincang dengan orang tua, pelatih, juga Tontowi Ahmad akhirnya tambah lagi dua tahun karena masih ada Asian Games. Kami ingin melengkapi gelar kami," kata Liliyana.



"Nah, sekarang sudah 2018 saya pikir ini sudah waktunya setelah Asian Games. Saya kira mau tahun ini atau tahun depan cepat atau lambat pasti akan pensiun juga," dia menambahkan.

Tontowi yang hadir dalam acara tersebut tak kalah pasrah. Dia menerima keputusan rekannya yang sudah bersama sejak 2010 itu.

"Apapun keputusan Butet (Liliyana Natsir) saya tetap menghargai. Setelah Butet, mungkin saya akan pasangan dengan yang baru dan pasti akan lebih berat lagi. Sebab, bersama Butet sudah 9 tahun pasti butuh adaptasi lagi dengan yang baru dan dari segi teknik dan skill lebih susah lagi adaptasinya," tutur Tontowi.

Diminta Lanjut Hingga Olimpiade 2020

Meski keduanya sudah sama-sama ikhlas menerima, tidak oleh PB Djarum sendiri. Yoppy Rosimin, selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, bersikukuh ingin Liliyana tetap tinggal. Utamanya sampai Olimpiade 2020.

"Bonusnya akan ditingkatkan lagi supaya Butet mau tetap main sampai Olimpiade," kata Yoppy yang kemudian diamini yang hadir di acara pemberian penghargaan terus.

"Seperti yang saya katakan, dulu Liliyana pakai deker terus (seleapas cedera), sekarang sudah tidak lagi. Menurut saya berarti dia masih mampu. Itu feeling saya, tapi yang lebih tahu kan pelatihnya," ujar Yoppy.

"Inginnya memang ada regenerasi tapi jika melihat potensi? Dan jika melihat Tontowi dengan pasangan lain tentu harus adaptasi dulu. Tidak bisa langsung begitu karena kalau nanti terpuruk terus, ya tetap harus ada plan B-nya. Saya sih pribadi ingin sampai Olimpiade 2020. Tapi tergantung orangnya dan pelatih juga," tuturnya.

"Ya kami akan negosiasi lagi. Masalah berhasil atau tidak nomor dua. Kami akan negosiasi tidak hanay atlet tapi semuanya," ujar Yoppy yang juga mengaku akan meningkatkan bonus Asian Games sebagai proses tawar kepada Liliyana.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed