DetikSport
Minggu 15 Juli 2018, 23:33 WIB

Tumpas Anderson, Djokovic Juara Wimbledon 2018

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Tumpas Anderson, Djokovic Juara Wimbledon 2018 Novak Djokovic juarai Wimbledon 2018. (Foto: Andrew Couldridge/Reuters)
London - Mantan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic tampil sebagai juara Wimbledon 2018. Menyusul kemenangan straight set atas Kevin Anderson 6-2, 6-2, 7-6 (3).

Pada pertandingan di All England Club, Minggu (15/7) malam WIB, Djokovic mendominasi Anderson di dua set awal. Namun di set ketiga, petenis Serbia ini kehilangan intensitas sebelum mengamankan lima set point.

Di dalam tiebreak, Djokovic mati-matian untuk mengungguli Anderson. Di poin terakhir, pukulan pengembalian Anderson gagal menyeberangi net yang memastikan kemenangan Djokovic.

Bertarung selama 2 jam 19 menit, Djokovic membuat 20 winner dan hanya 13 unforced error. Petenis berusia 31 tahun itu diuntungkan dengan 32 unforced error yang dibuat Anderson, meski sukses mencetak 26 winner.

Tumpas Anderson, Djokovic Juara Wimbledon 2018Foto: Tony O'Brien/Reuters

Bagi Djokovic, gelar ini adalah titel Grand Slam ke-13 dalam kariernya dan yang keempat di Wimbledon. Djokovic mengangkat trofi Grand Slam pertamanya dalam delapan turnamen mayor sejak terakhir menjuarai Prancis Terbuka 2016.

Djokovic naik ke posisi empat peraih Grand Slam terbanyak melangkahi Roy Emerson (12). Dia masih tertinggal dari Pete Sampras (14), Rafael Nadal (17), dan Roger Federer (20).

"Ini adalah final Grand Slam pertamaku selama beberapa tahun dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk comeback," ungkap Djokovic yang sempat absen panjang akibat cedera.

"Selamat untuk Kevin, dia sudah menjalani laju yang menakjubkan," kata dia dikutip Reuters.

Sedangkan Anderson kembali gagal meraih gelar Grand Slam pertamanya dalam dua final. Sebelumnya, petenis Afrika Selatan ini dikalahkan Rafael Nadal di final AS Terbuka 2017.



(rin/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed