DetikSport
Kamis 26 Juli 2018, 20:34 WIB

Antusiasme Fajar/Rian Sambut Kejuaraan Dunia Pertamanya

Mercy Raya - detikSport
Antusiasme Fajar/Rian Sambut Kejuaraan Dunia Pertamanya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto siap tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018 (Foto: Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis untuk pertama kalinya pada tahun ini. Mereka menyambutnya dengan antusias.

Fajar/Rian menjadi salah satu dari empat ganda putra Indonesia yang dikirim ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018. Selain mereka, ganda putra Indonesia lainnya adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Berry Angriawan/Hardianto, dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Sebagai unggulan kesembilan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018, Fajar/Rian langsung lolos ke babak kedua karena mendapatkan bye. Mereka tinggal menunggu pemenang laga Bahaedeen Ahmad Alshannik/Mohd Naser Mansour Nayef (Yordania) versus Jacco Arends/Ruben Jille (Belanda).

"Tetap kami harus waspada siapa pun lawannya karena ini Kejuaraan Dunia. Yang pasti kami ingin menunjukkan permainan terbaik," kata Rian.

"Ada kemungkinan karena di babak pertama dapat bye, di babak kedua kami antara ketemu ganda Belanda atau ganda Yordania. Jadi tetap wajib waspada, apalagi ini Kejuaraan Dunia dan ini pertama buat kami," ucap dia.

"Tapi paling tidak pengalaman kami saat turun di turnamen sebelumnya, seperti Indonesia Open dan super series lainnya menjadi modal kami," tuturnya.


Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018 akan digelar di Nanjing, China, pada 30 Juli sampai 5 Agustus. Di waktu yang tersisa, Fajar/Rian terus berusaha memperbaiki kelemahan mereka.

"Jauh-jauh hari sudah kami siapkan sudah lumayan lama. Mungkin tinggal jaga kondisi, fokus, dan istirahat saja. Kami juga terkadang ketika pertandingan gim pertama bagus. Lalu gim kedua lengah. Ketiga biasanya sulit balikin. Itu sih yang masih menjadi pekerjaan rumah buat kami," tutur Rian.

Rian mengakui tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Apalagi sebelumnya dia dan Fajar turun di Indonesia Open 2018, kemudian persiapan menuju Kejuaraan Dunia, dan akan ke Asian Games.

"Mungkin kalau dibilang mepet iya. Tapi jadwal pertandingan memang sekarang ini beruntun jadi tinggal siapkan saja dan dari kami atlet diatur fokusnya," katanya.


Jika mampu menembus babak perempatfinal, Fajar/Rian berpotensi menghadapi Kevin/Marcus. Terkait hal ini, Rian belum mau berpikir terlalu jauh.

"Mereka bagus di servis dan pembukaannya. Strategi kami harus benar-benar dan yakin. Siapa sih yang tak ingin juara, tapi kami juga tak ingin langsung bicara itu. Yang penting fokus ke setiap pertandingan. Apalagi jika ketemu Kevin/Marcus pasti harus lebih siap karena sudah tahu kelebihan dan kelemahan masing masing," harap dia.



(mcy/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed