detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 24 Agu 2018 02:04 WIB

Indonesia Pastikan Medali dari Cabor Tenis Asian Games 2018

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Pasangan Christopher Rungkat/Aldila Sutedja lolos ke semifinal Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa) Pasangan Christopher Rungkat/Aldila Sutedja lolos ke semifinal Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa)
Palembang - Indonesia memastikan setidaknya medali perunggu dari cabang tenis Asian Games 2018. Ini setelah Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi melangkah ke semifinal.

Pada perempatfinal nomor ganda campuran yang dihelat di Jakabaring Tennis Center, Palembang, Kamis (23/8/2018), Christo/Aldila membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan keempat asal India, Ankita Raina/Rohan Bopanna, dengan rubber set, 6-4, 1-6, dan 10-6 dalam waktu 69 menit.

Setelah memenangi set pembuka dengan alot, Aldila/Christo seolah mati gaya ketika masuk set kedua. Raina/Bopanna mampu unggul cepat 6-1 hanya dalam tempo 18 menit untuk memaksakan pertarungan melalui set penentu.

"Senang dan bersyukur dapat mengamankan medali di Asian Games, apalagi ini adalah pengalaman pertama di ajang sebesar ini," tutur Aldila usai pertandingan.






"Di set kedua, mereka mengubah posisi. Jadi, Bopanna di kiri dan Raina di kanan. Itu memang mempersulit kami saat memegang servis karena return servis Bopanna ketika berada di kiri itu sangat baik,," sambungnya.

Titik balik kebangkitan Indonesia terjadi di awal set ketiga meski sempat kehilangan angka pertama super tie break.

"Sejak awal kami telah siap menjalani laga super tie break dan yakin memiliki peluang yang sama untuk menang. Walau kecolongan di awal, kami bisa langsung membalas dengan mematahkan servis lawan dua kali dan unggul hingga akhir laga," timpal Christo.

Pada babak semifinal Jumat (24/8) besok, Aldila/Christo bakal menghadapi duet Jepang, Erina Hayashi/Kaito Uesugi. Unggulan ke-12 itu juga membuat kejutan dengan mendepak pasangan unggulan kedua asal China., Xu Yifan/Zhang Ze 7-6(4) 0-6 [10-8].






Dengan keberhasilan lolos ke semifinal, Indonesia setidaknya sudah memastikan medali perunggu dari cabang tenis, yang akan jadi medali pertama setelah Asian Games 2002. Saat itu, duet Angelique Widaja/Wynne Prakusya meraih medali perak.

"Kami akan terus berjuang karena kesempatan tetap ada untuk melangkah lebih jauh," tandas Aldila.


(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed