detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 26 Agu 2018 08:55 WIB

Ketika Christo/Aldila Rebut Emas di Tengah Bisingnya Penonton

Yanu Arifin - detikSport
Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi merebut emas di nomor ganda campuran cabor tenis. (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa)
Palembang - Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi meraih medali emas Asian Games 2018 dari cabang tenis nomor ganda campuran. Emas itu diraih di tengah berisiknya penonton.

Christo/Aldila menghadapi pasangan Thailand Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum di final tenis ganda campuran Asian Games 2018. Bertanding di JSC Tennis Court Center, Palembang, Sabtu (25/8), laga berjalan ketat.

Di set pertama, Christo/Aldila memimpin 6-4. Tapi di set kedua, duet Thailand bisa mengejar dan menyulitkan pasangan tuan rumah dan merebut kemenangan 7-5.

Suasana di JSC Court sendiri cukup penuh dengan penonton. Mayoritas penonton adalah pendukung Indonesia, di antaranya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Saat Indonesia meraih poin, sorakan gembira terdengar jelas di venue tenis. Bahkan beberapa kali wasit meminta para penonton diam sebab mengganggu jalannya pertandingan.




Begitu juga suporter Thailand. Meski jumlahnya sedikit, mereka cukup pede memberi dukungan kepada Sonchat/Luksika dengan berteriak, yang dibalas dengan sorakan dari suporter Indonesia.

Pada akhirnya, Indonesia bisa menang lewat super tie break 10-7. Medali emas pun jatuh ke tangan Indonesia, mengakhiri paceklik medali Indonesia dari cabang tenis.

Aldila sendiri mengaku tak terganggu dengan bisingnya penonton. Ia, bersama Christo, justru mengubahnya menjadi motivasi agar bisa meraih emas.

"Ya, ini kami harus jadikan motivasi, jangan jadi beban juga. Jadi kami enjoy dan harus bermain dengan tenang," jelasnya usai laga.

"Kami bermain lepas hari ini. Saya di depan dan Aldila di base line. Sampe tadi final, semua strategi berjalan lancar. Tadi kecolongan di set kedua, tapi kami kembali tampil bagus tapi kami main bagus lagi di tie break," timpal Christo.

Emas tenis dari Christo/Aldila menjadi yang kesepuluh didapat Indonesia di Asian Games 2018. Di Palembang, itu emas ketiga setelah panjat tebing dan dayung.


(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com