Bulutangkis Asian Games 2018: Kalahkan Duo China, Fajar/Rian ke Final

Lucas Aditya - Sport
Senin, 27 Agu 2018 13:00 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Asian Games 2018. (Foto: dok: Tim Humas dan Media PP PBSI)
Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak final bulutangkis Asian Games 2019. Mereka menang atas Li Junhui/Liu Yuchen 21-14, 19-21, dan 21-13.

Dalam pertandingan di Istora, Senayan, Senin (27/8/2018), pertarungan berjalan ketat. Fajar/Rian unggul 6-4 di awal-awal gim. Pengembalian pasangan China itu menambah angka buat Fajar/Rian. Skornya 7-4.

Fajar/Rian melaju hingga skor 10-4, sebelum pengembalian yang melebar menghentikan skor mereka. Interval pertama berakhir untuk keunggulan Fajar/Rian dengan skor 11-6, Li/Liu gagal mengembalikan satu smash keras.

Pasca interval, Li/Liu menambah dua angka. Poin itu dibayar tunai oleh Fajar/Rian dengan dua poin tambahan juga.

Smahs silang dari Ryan membuahkan poin untuk Indonesia, kedudukannya menjadi 14-10. Fajar/Rian terus unggul, hingga menutup gim pertama dengan skor 21-14 dalam durasi 16 menit.

Gim kedua dimulai, Li/Liu mendapat poin pertama. Fajar/Rian langsung membalas dengan mendapat dua poin beruntun. Li/Liu berbalik mendapat dua poin beruntun, pengembalian Fajar yang menyangkut net membuat pasangan China itu berbalik unggul.




Tiga kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Fajar/Rian membuat Li/Liu unggul 6-3. Sempat disela sekali, Li/Liu menambah poin lagu menjadi 7-4.

Fajar/Rian mampu bangkit, skornya sama menjadi 8-8. Pengembalian Fajar yang menyangkut membuat Li/Liu unggul 9-8. Interval gim kedua ditutup dengan keunggulan pasangan China 11-9.

Fajar/Rian langsung menambah dua poin usai interval, skornya imbang 11-11. Kejar mengejar poin terus berlangsung sampai skor 17-17. Pengembalian Fajar yang menyangkut net memuat Li/Liu unggul satu poin. Pertandingan berjalan seru dengan hingga skor 19-19. Li/Liu bisa mendapat dua poin terakhir untuk menutup gim kedua dengan skor 21-19, durasinya 17 menit.

Gim penentuan dimainkan, Fajar/Rian unggul 4-3 di awal-awal. Mereka bisa terus unggul untuk menutup interval gim ketiga dengan skor 11-7.

Selepas interval, Fajar/Rian bisa menambah satu poin. Tapi, pengembalian Rian yang menyangkut net membuat skor menjadi 12-8. Fajar/Rian selalu unggul, mereka menutup gim dengan skor 21-13. Pengembalian Li yang menyangkut net menentukan kemenangan Fajar/Rian.

Fajar/Rian akan menghadapi pemenang laga Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melawan Lee Jhehui/Lee Yang.





(cas/din)