detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 28 Agu 2018 15:53 WIB

Menangi Perang Saudara atas Fajar/Rian, Kevin/Marcus Raih Emas Asian Games

Doni Wahyudi - detikSport
Kevin/Marcus meraih medali emas Asian Games 2018 dari bulutangkis nomor ganda putra (dok.PBSI) Kevin/Marcus meraih medali emas Asian Games 2018 dari bulutangkis nomor ganda putra (dok.PBSI)
Jakarta - Perang saudara antara Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di final bulutangkis ganda putra berjalan sengit. Kevin/Marcus jadi pemenang dan berhak dapat emas Asian Games 2018.

Bermain di Istora, Senayan, Selasa (28/8/2018) siang WIB, laga final antara dua ganda putra terbaik Indonesia berjalan sengit. Kedua pasangan bermain lepas dan mempertontonkan permainan cepat yang memikat.

Setelah bermain tiga gim, Kevin/Marcus berhak mendapat medali emas. Mereka menang 13-21, 21-17, dan 24-22. Ini menjadi emas nomor 24 untuk Indonesia di Asian Games 2018. Di cabang bulutangkis, ini merupakan emas kedua setelah yang pertama didapat Jonatan Christie.



Kevin/Marcus langsung tertinggal 1-5 di awal gim pertama. Beberapa kesalahan yang mereka buat membuat Fajar/Rian mampu unggul cepat.

Fajar/Rian tampil lebih agresif di awal gim ini. Tekanan dan permainan cepat yang mereka peragakan membuat mereka mampu menjaga keunggulan menjadi 9-4 dan berlanjut hingga 11-6 di interval pertama.

Kevin/Marcus sempat mengumpulkan empat angka beruntun setelah interval yang membuat kedudukan menjadi 10-11. Namun upaya Kevin/Marcus merapatkan selisih angka tak mudah, mereka terus tertinggal hingga kedudukan 11-15. Bermain lepas, kedua pasangan mempertontonkan permainan cepat dan menghibur. Fajar /Rian mampu terus unggul hingga kedudukan 13-20. Fajar/Rian akhirnya merebut gim pertama dengan 21-13.

Pertandingan di gim kedua berjalan lebih seru sejak awal. Bergantian kedua pasangan merebut poin hingga pada kedudukan 4-4.

Kevin/Marcus sempat tertinggal 4-7 akibat beberapa kesalahan yang mereka lalukan. Mereka kemudian bisa mengejar lagi kedudukan menjadi 9-9, dan gantian memimpin 11-9.

Setelah interval, Kevin/Marcus melesat pengumpulan poinnya hingga unggul 16-11. Fajar/Rian sempat mengumpulkan empat angka beruntun untuk memperkecil kedudukan 15-16, namun servis yang melebar membuat Marcus/Kevin kembali menjauh poinnya.



Gim kedua ini akhirnya dimenangi oleh Kevin/Marcus setelah pebgembalian bola yang dilepaskan Rian melebar, kedudukan 21-17. Kevin Marcus menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Kevin/Marcus langsung memimpin 5-1 di awal gim ketiga, keunggulan mereka terus bertambah menjadi 8-3. Tapi Fajar/Rian tak menyerah, lewat sebuah reli panjang mereka bisa menyamakan kedudukan 8-8.

Tak berhenti sampai di situ, perolehan angka Fajar/Rian malah bertambah jadi 11 dan di saat bersamaan mengunci poin lawannya di angka 8. Interval gim ketiga terjadi dalam kedudukan 11-8 untuk Fajar/Rian.

Maia Estianty Bangga Indonesia Raih Banyak Medali Emas, tonton videonya di sini:
[Gambas:Video 20detik]

Setelah interval, perolehan poin Fajar/Rian masih sulit dikejar. Mereka melanjutkan keunggulan hingga 16-11. Tapi setelah itu perolehan poin Fajar/Rian tersendat, Kevin/Marcus mampu menyamakan kedudukan ke 19-19 dan 20-20.

Pertandingan selanjutnya berjalan ekstra sengit. Kedua pasangan bergantian memperebutkan poin hingga kedudukan 20-20 sampai 22-22. Pemgembalian bola yang melebar dari pasangan Fajar/Rian akhirnya memastikan Kevin/Marcus merebut gim ketiga dengan 24-22 sekaligus meraih medali emas.

(din/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed