detiksport
Follow detikSport
Senin, 15 Okt 2018 19:45 WIB

Badminton Superliga Junior 2018 Diramaikan Klub Asing

Pertiwi - detikSport
Foto: Pertiwi/detikSport Foto: Pertiwi/detikSport
Jakarta - Sejumlah klub bulutangkis asing turut meramaikan turnamen bulutangkis Superliga Junior 2018. Persaingan diprediksi sengit.

"Tahun lalu klub luar negeri yang kita undang Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang. Tahun ini berbeda, karena kita ingin mengukur kemampuan atlet Indonesia dalam bertanding melawan atlet luar negeri," ujar event director Superliga Junior 2018, Bambang Roedyanto, usai jumpa pers di Hotel Grand Artos Magelang, Senin (15/10/2018).

Turnamen tahunan itu dibagi dua kategori usia. Yakni, kelompok umur U-17 yang diikuti oleh PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, Sarwendah Badminton Club, Daihatsu Candra Wijaya Badminton Club, SGS PLN, dan Suryanaga Wima.




Untuk kelompok usia di bawah 19 tahun peserta lebih bervariasi. Sejumlah klub asing ambil bagian. Yakni, PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, FIFA Sidoarjo, Keelung High School (Taiwan), Granular (Thailand), SCG (Thailand), dan Badminton Association of India (India).

"Total ada sebanyak 13 klub bulutangkis dan 285 pemain yang bertanding dalam superliga di GOR Djarum Magelang, 16-21 Oktober 2018 ini," kata pria yang akrab disapa Rudi itu.

Ketua Panitia Pelaksana, Lius Pongoh, menambahkan superliga tahun ini menggunakan format Piala Thomas dan Uber. Piala yang diperebutkan yakni Piala Haryanto Arbi untuk U-17 putra, Yuni Kartika untuk U-17 putri, Liem Swie King untuk U-19 putra, dan Piala Susy Susanti untuk U-19 putri. Juga uang total Rp 610 juta untuk juara I, runner-up, dan peringkat ketiga bersama.

"Turnamen ini sudah dihelat sejak tahun 2016 dengan mempertandingkan hanya kelompok U-19. Mulai tahun 2017 dipertandingkan kelompok U-17 baik putra maupun putri. Kita juga mengundang klub luar negeri khusus di kelompok U-19," Lius menjelaskan.

Sementara itu, Ketua PD Djarum, Yoppy Rosimin, mengaku klubnya sudah siap menghadapi kejuaraan ini. Dia mengemban misi untuk bisa mengulang suksesnya seperti tahun 2017 lalu yang merebut piala di kategori U-17 dan U-19 putra.

"Peluang tahun ini sama besar dan kekuatan atlet merata di kategori U-17 maupun U-19. Kita optimis mampu merebut kembali piala di kelompok putra dan kelompok putri," katanya.


(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed