detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 14 Nov 2018 13:34 WIB

Pelatih Maklumi Hasil Tontowi/Della di Hong Kong, tapi ...

Mercy Raya - detikSport
Jalani debut di Hong Kong Terbuka 2018, Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris langsung tersingkir di babak pertama (Foto: dok. Humas PBSI) Jalani debut di Hong Kong Terbuka 2018, Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris langsung tersingkir di babak pertama (Foto: dok. Humas PBSI)
Hong Kong - Pasangan baru Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris tak mampu bicara banyak di Hong Kong Terbuka. Pelatih ganda campuran Richard Mainaky menilai hasil itu wajar.

Tontowi/Della menjalani debut sebagai pasangan ganda campuran di Hong Kong Terbuka 2018. Dalam turnamen level Super 500 itu, Tontowi/Della langsung terhenti di babak pertama.

Mereka dikalahkan unggulan ketujuh asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dalam pertandingan di Hong Kong Coliseum, Selasa (13/11). Tontowi/Della kalah dua gim langsung dengan skor 15-21, 9-21 dari pasangan juara All England 2018 itu.


Richard yang dihubungi secara terpisah mengatakan sudah berkomunikasi dengan Tontowi soal penampilan di Hong Kong Terbuka. Ia mengakui Tontowi dan Della masih belum padu.

"Dalam pembicaraan saya dengan Tontowi di whatsapp memang Della masih kagok. Terutama posisi Della pada servis, terima servis, yang hampir tidak poin, tidak pernah poin (malah), dan masih kagok masuk ke depan. Akhirnya pola main satu-satu," kata Richard kepada detikSport, Rabu (14/11).

"Ya ini saya sangat maklum karena (mereka) jarang latihan bersama. Masih fokus pada partner aslinya di turnamen sebelumnya," ujar dia kemudian.


Kakak dari legenda bulutangkis Rexy Mainaky ini juga belum bisa menilai lebih jauh penampilan Tontowi/Della. Ia akan mengevaluasi secara keseluruhan usai beberapa turnamen lagi.

Tontowi/Della akan diuji coba dalam tiga turnamen sampai akhir tahun ini. Selain Hong Kong Terbuka, mereka juga akan turun di Syed Modi International Badminton Championships 2018 (20-25 November) dan Korea Masters 2018 (27 November-2 Desember).

"Belum bisa diharapkan turnamen pertama mereka dengan hasil sekelas Tontowi dkk yang sudah lama dan khusus mixed (double). Jadi hasil ini wajar dan akan dievaluasi dan dilihat beberapa turnamen lagi baru bisa saya menilai," dia menjelaskan.

"Untuk Della sendiri masih sangat asing dengan pola-pola mixed walaupun sudah banyak pengalaman di ganda putri. Dan harus lihat juga bahwa lawan pertama mereka adalah pasangan unggulan yang pernah juara All England," tuturnya.

(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed