detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 21 Nov 2018 20:12 WIB

Hafiz/Gloria Tanpa Target Khusus ke Guangzhou

Mercy Raya - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pelatih pelatnas bulutangkis ganda campuran, Richard Mainaky, tak mematok target khusus kepada Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di BWF World Tour Finals 2018 Guangzhou. Turnamen itu jadi pengalaman.

Hafiz/Gloria merupakan satu-satunya ganda campuran Indonesia yang lolos ke BWF World Tour Finals yang berlangsung di Guangzhou, China, 12-16 Desember. Mereka menempati peringkat enam dari delapan pemain terbaik dengan perolehan 68.550 poin.

PBSI sendiri awalnya menargetkan dua pasang bisa tampil di turnamen penutup tahun. Selain Hafiz/Gloria, juga Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Namun, poin peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu tak cukup. Terlebih, Fuzhou China Terbuka, menjadi turnamen mereka terakhir.




Sebagai gambaran, BWF World Tour Finals menggunakan aturan terbaru. Semakin banyak pemain tampil maka poin yang terkumpul juga semakin banyak. Itu lah yang menentukan rangking dari si atlet.

Karena hanya satu pasang saja tak membuat Richard muluk-muluk menancapkan target untuk atlet asuhnya.

"Untuk Hafiz/Gloria tidak ada target khusus. Tapi dengan mereka lolos ke sana (Guangzhou) ini baik sekali untuk pengalaman mereka dan sudah seharusnya mereka menggunakan kesempatan ini semaksimal mungkin," kata Richard kepada detikSport, Rabu (21/11/2018).

"Selain itu, bisa untuk menjajal dan berusaha untuk bersaing dengan pemain-pemain unggulan nanti," dia menambahkan.

"Jadi yang terpenting bagi mereka adalah mempersiapkan diri dalam program latihan dengan maksimal mungkin. Karena dengan persiapan yang baik pasti hasil baik akan mengikuti dengan sendirinya," ujar dia.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed