detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 14 Des 2018 14:54 WIB

Cedera Leher Marcus Kian Parah, Mata Ikut Sakit

Mercy Raya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Guangzhou - Marcus Fernaldi Gideon dibekap cedera leher di BWF World Tour Finals 2018 dan memutuskan mundur. Otot lehernya ketarik sampai-sampai mempengaruhi mata.

Marcus bersama pasangannya Kevin Sanjaya Sukamuljo dijadwalkan menghadapi ganda China, Han Chengkai/Zhou Haodong, sebagai laga ketiga babak Grup A ganda putra di Tianhe Gymnasium, Jumat (14/12). Tapi, laga itu tidak bisa digelar karena Marcus dibebat cedera.

Asisten pelatih ganda putra pelatnas bulutangkis, Aryono Miranat, mengatakan Marcus cedera sejak laga pertama Grup A menghadapi Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), Rabu (12/12). Aryono menilai pertandingan bergulir sangat sengit sehingga berimbas kepada bagian leher Marcus.

Cedera itu makin parah saat Kevin/Marcus tampil di laga kedua. Mereka dikalahkan Li Junhui/Liu Yuchen dari China dua gim langsung 18-21, 22-24


"Saat itu, pertandingannya keras. Mungkin ada pukulan yang tidak pas atau maksa. Kan kelihatannya di video pertandingannya kalau dia sering menggeleng-gelenggkan kepalanya karena lehernya sakit. Semalam pun melawan Li-Liu (akhirnya) juga tidak maksimal," kata Aryono.

Aryono mengatakan keputusan untuk mundur memang tidak mudah. Marcus telah menjalani dua kali terapi, namun pemulihan tidak bisa cepat dan 100 persen. Marcus malah disarankan beristirahat total.



"Sudah kami minta dipikirkan lagi dan akhirnya diputuskan mundur. Marcus takut tambah parah jadi lebih baik mundur," dia menjelaskan.

"Soal parah tidaknya masih belum tahu. Dia butuh istirahat dulu sekarang. Kondisinya sekarang lehernya masih sakit. Sekarang, nyerinya sampai ke mata, jadi matanya seperti kedutan. Marcus sudah lapor ke referee dan diminta menjelaskan history cederanya ke dokter pertandingan," ujar dia.




(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com