detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 26 Jan 2019 18:27 WIB

Kalahkan Kvitova, Naomi Osaka Juara Australia Terbuka

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Naomi Osaka juara Australia Terbuka 2019 (Aly song/REUTERS) Naomi Osaka juara Australia Terbuka 2019 (Aly song/REUTERS)
Melbourne - Australia Terbuka 2019 jadi milik petenis Jepang Naomi Osaka. Ini setelah Osaka mengalahkan Petra Kvitova di partai final.

Pada duel yang dihelat di Rod Laver Arena, Melbourne, Sabtu (26/1/2019) sore WIB, Osaka butuh waktu 2 jam 27 menit untuk merebut kemenangan rubber set, 7-6, 5-7, dan 6-4. Ini jadi gelar perdana Osaka di Australia Terbuka.

Ini artinya petenis 21 tahun itu sudah mengoleksi dua gelar grand slam setelah yang pertama di AS Terbuka tahun lalu. Dia pun bakal dinobatkan sebagai petenis nomor satu dunia awal pekan nanti.

Di set pertama, Osaka unggul duluan 1-0 ketika forehand Kvitova keluar dari bidang permainan. Kejaran-kejaran skor lantas terjadi sampai Osaka dalam posisi unggul 5-4.

Kvitova yang wajib menyamakan skor agar tidak kehilangan set pertama mampu merepotkan Osaka lewat beberapa kali pukulan backhand. Dia mampu menahan Osaka di angka 15 sebelum menyamakan skor jadi 5-5.

Memasuki gim ke-11, Kvitova dan Osaka terlibat reli cukup panjang. Osaka lantas memimpin 40-15 saat reli itu terjadi sebelum Kvitova mengejar di angka 30-40. Osaka lantas menguci gim ini dengan unggul 6-5.

Tapi, Kvitova tak mau menyerah dan memaksa Osaka melakoni tie-break saat dua kali serve-nya tak mampu dikembalikan dan skor pun sama kuat 6-6.

Pada tiebreak ini, Kvitova banyak melakukan kesalahan sehingga Osaka mampu unggul jauh 5-1 sebelum kemenangannya di set pertama ditentukan backhand lawan yang melebar. Set pertama selesai dalam waktu 51 menit.




Masuk di set kedua, Kvitova tancap gas dan mampu memimpin 2-0 lewat break. Tapi Osaka membalas lewat break juga di game ketiga untuk memangkas selisih poin jadi 1-2 sebelum akhirnya berbalik unggul 4-2 setelah Kvitova melepas keunggulan 30-0 pada game keenam ini.

Osaka lantas menjauhkan jarak menjadi 5-3 ketika pukulan forehand-nya tak mampu diatasi dengan baik oleh Kvitova. Hanya butuh satu game lagi untuk Osaka merebut gelar juara.

Pada game kesembilan, Osaka dengan mudah unggul 40-0 tapi Kvitova mampu bangkit untuk membalas dan meraih poin di game ini. Skor sementara 5-4 masih untuk keunggulan Osaka.

Kvitova akhirnya mampu merebut gim kesepuluh ketika forehand Osaka melebar saat dia tertinggal 15-40. Skor imbang 5-5 dan Osaka melakukan banyak kesalahan di gim ke-11 yang membuat Kvitova akhirnya memimpin lagi 6-5.

Kvitova tak menyia-nyiakan gim ke-12 untuk merebut set kedua setelah double fault Osaka saat serve memberikannya kemenangan 7-5.




Masuk ke set ketiga, Kvitova mampu merebut gim pertama sebelum Osaka berbalik unggul 2-1 ketika backhand-nya masuk ke daerah lawan.

Osaka lantas mampu unggul 4-2 ketika pukulan forehand-nya mampu menaklukkan Kvitova. Kvitova yang mendapat jatah serve di gim ketujuh malah di-break Osaka yang unggul 40-0 sebelum dikejar dan akhirnya merebut gim ini.

Dalam posisi Osaka memimpin 4-3, Kvitova gagal menyamakan skor setelah voli-nya di depan net melebar dan membuat lawannya unggul 5-3. Satu gim lagi untuk Osaka bisa meraih gelar juara.

Tapi, Kvitova belum mau menyerah dan memaksakan gim ke-10 setelah serve-nya tak mampu dikembalikan Osaka dengan sempurna. Kvitova memangkas skor jadi 4-5.

Osaka mendapat jatah serve di gim ke-10 dan memimpin dengan mudah 40-0 meski Kvitova sempat memperkecil jadi 15-40. Gelar juara jadi milik Osaka setelah Kvitova gagal mengatasi serve dan melebar.


(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com