detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 28 Jan 2019 07:01 WIB

Rekor Grand Slam Federer Membakar Motivasi Djokovic

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Juara Australia Terbuka 2019, Novak Djokovic kini sudah punya 15 gelar grand slam (Foto: Mike Owen/Getty Images) Juara Australia Terbuka 2019, Novak Djokovic kini sudah punya 15 gelar grand slam (Foto: Mike Owen/Getty Images)
Melbourne - Novak Djokovic menambah koleksi gelar grand slam-nya dengan memenangi Australia Terbuka 2019. Petenis Serbia itu terpacu untuk mengejar rekor Roger Federer.

Djokovic keluar sebagai juara Australia Terbuka 2019 usai mengalahkan Rafael Nadal di babak final. Dalam pertandingan di Rod Laver Arena, Minggu (27/1/2019), petenis nomor satu dunia itu menang straight sets 6-3, 6-2, 6-3 atas Nadal.

Ini jadi gelar grand slam ketiga beruntun untuk Djokovic. Sebelumnya ia berjaya di Wimbledon 2018 dan Amerika Serikat Terbuka 2018.

Djokovic kini sudah mengoleksi 15 gelar grand slam di sepanjang kariernya. Ia melewati catatan legenda tenis AS, Pete Sampras, yang punya 14 gelar grand slam.


Meski demikian, masih ada dua petenis yang punya gelar grand slam lebih banyak daripada Djokovic. Nadal punya 17 titel, sementara rekor grand slam putra dipegang Federer dengan 20 gelar.

"Saya sadar membuat sejarah di olahraga yang benar-benar saya cintai adalah sesuatu yang spesial," ujar Djokovic seperti dilansir BBC.

"Tentu itu memotivasi saya. Bermain di grand slam, event terbesar ATP, adalah prioritas utama saya di musim ini dan musim-musim yang akan datang."

"Berapa musim lagi? Saya tidak tahu. Saya tidak mau berpikir terlalu jauh," kata Djokovic.

"Saya ingin fokus ke diri sendiri untuk terus meningkatkan permainan dan menjaga kesehatan yang saya punya -mental, fisik, emosional-- agar saya bisa bersaing di level setinggi ini untuk bertahun-tahun ke depan," ucapnya.

(nds/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com