detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Feb 2019 12:50 WIB

PBSI Dukung Imbauan Pemerintah Atlet Junior Dominasi SEA Games 2019, tapi...

Mercy Raya - detikSport
Kabid Binpres PP PBSI, Susy Susanti Femi Diah/detikSport) Kabid Binpres PP PBSI, Susy Susanti Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) sepakat dengan Kemenpora untuk memberi prioritas bagi atlet junior ke SEA Games 2019 Filipina. Tapi. PBSI butuh payung hukum.

Menpora Imam Nahrawi mempertegas kuota kontingen ke SEA Games didominasi atlet junior dengan rasio 60:40. Dia juga mengimbau cabang olahraga menyediakan slot di pelatnas kepada atlet muda.

PBSI tak masalah terkait kebijakan tersebut. Tapi, PBSI membutuhkan Surat Keputusan (SK) untuk mengatur pembiayaannya.


"Saya sih ikut saja mau yang mana yang akan diturunkan karena kami punya tiga lapis. Tapi kami kan menyesuaikan dengan target juga," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

Pemilik medali emas Olimpiade 1992 Barcelona ini menuturkan selama ini PBSI sudah melakukan pembinaan dari mulai atlet senior, pelapis, junior, hingga magang. Namun, sampai kini yang masuk dalam SK Kemenpora baru senior dan pelapisnya saja. Sementara, pembiayaan atlet junior dan magang dari kantong federasi.

"Kalau saya perlu sekali (SK) kalau tidak pembinaan akan berhenti di sini saja. Tidak mungkin dalam satu multievent prioritas ini tapi ada pembinaan. Meskipun pembiayaannya tak sebesar senior," tutur Susy.

"Ya, minimal untuk junior paling tidak tiga sampai empat kali uji coba dalam satu tahun yang dibiayai pemerintah karena pertandingan juga tak sebanyak senior," dia menjelaskan.

"Makanya saya untuk ke sananya tak pernah takut, karena semakin kecil akan lebih mudah dibentuk, kedua ada arah yang lebih berkesinambungan dari rangking seperti Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari mereka juara dunia junior, dalam setahun bisa masuk peringkat 30 besar dunia. Jadi dari junior itu selain pengalaman tapi penyesuaian menuju senior juga diperlukan," kata istri legenda bulutangkis Alan Budikusma ini.

PBSI saat ini sudah mengajukan dua puluh nama untuk pelatnas menuju SEA Games 2019 dan Olimpiade. Jumlah tersebut belum termasuk atlet junior.

"Saat ini belum ada pengajuan itu. Tapi kami sudah siapkan junior dengan pembiayaan kami sendiri. Magang pun kami biayai. Tapi kalau (ada) begitu sangat baik untuk membantu PB karena setelah latihan mereka butuh uji coba dengan negara lain," Susy menambahkan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed