detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 22 Feb 2019 19:40 WIB

Tinggalkan Timnas Jepang, Riony Mainaky Tangani Tunggal Putri Indonesia?

Mercy Raya - detikSport
Riony Mainaky tinggalkan timnas bulutangkis Jepang. (Femi Diah/detikSport) Riony Mainaky tinggalkan timnas bulutangkis Jepang. (Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Riony Mainaky mundur dari jabatan pelatih di tim nasional Jepang dan pulang ke Indonesia. Diakah pelatih tunggal putri pelatnas PBSI?

Riony baru saja mengambil keputusan besar. Ia menyudahi pekerjaannya sebagai pelatih ganda putra nasional Jepang yang sudah dijalani sejak 2010.

"Halo juga, kalau mundur benar, memang sudah mau balik Tanah Air dulu," kata Reony kepada detikSport, Jumat (22/2/2019).


Riony merupakan sosok penting di bulutangkis Jepang. Dia terbukti sukses menempatkan tiga pasang ganda putra yang menduduki posisi 10 besar Badminton World Federation (BWF). Mereka yaitu Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Takuto Inoue/Yuki Kaneko.

Di sisi lain, kembalinya Riony ke Indonesia ternyata memperkuat spekulasi lain. Saudara kandung Rexy dan Richard Mainaky ini akan merapat ke Pelatnas PBSI di Cipayung.

Apalagi, PBSI sebelumnya mengakui telah mengantongi nama pelatih utama Fitriani cs. Tapi karena kode etik nama akan diumumkan usai All England 2019 atau Maret. Soal itu, Riony menolak berkomentar lebih detail.

"Rencana selanjutnya nanti setelah sampai di sana dulu saja," ujar dia.

Kabar pulangnya Riony untuk menjadi pelatih di pelatnas bukan sekali ini saja muncul. Dia pernah dikabarkan menjadi pelatih pelatnas sejak PBSI dipimpin oleh Gita Wirjawan. Waktu itu, Riony disebut-sebut akan meninggalkan timnas bulutangkis Jepang, namun dalam prosesnya tak terwujud.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com