detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 25 Feb 2019 19:02 WIB

Susy Susanti Apresiasi Laju Tontowi/Winny di Barcelona, tapi...

Mercy Raya - detikSport
Kabid Binpres PP PBSI Susy Susanti apresiasi pencapaian Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow di Barcelona. (Femi Diah/detikSport) Kabid Binpres PP PBSI Susy Susanti apresiasi pencapaian Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow di Barcelona. (Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga PP PBSI, Susy Susanti, mengapresiasi hasil Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow di Barcelona, Spanyol Masters 2019. Susy juga menyimpan catatan.

Tontowi menjalani debut bersama pemain muda Winny di Barcelona Spain Masters 2019 yang belangsung 17-24 Februari. Di turnamen tersebut, mereka terhenti di babak perempatfinal usai dikalahkan pasangan Korea Selatan, Choi Soi Gyu/Kim So Yeoung, 17-21, 20-22.

"Lumayan, meskipun belum terlalu padu tapi mereka berhasil masuk delapan besar. Sebetulnya ada kesempatan, tapi mereka juga kalah kan sama juaranya," kata Susy di Kantor Kemenpora, Senin (25/2/2019).


"Winny terlihat masih kurang yakin, mudah-mudahan di turnamen kedua bisa lebih solid lagi, pengertian juga di lapangan. Mereka bisa lebih padu lah," ujar pemilik medali emas Olimpiade 1992 Barcelona ini.

Setelah Spanyol Masters, pasangan senior junior itu akan kembali diujikan pada Jerman Terbuka mulai 26 Februari hingga 3 Maret 2019 dan All England yang dimulai 2019 6-10 Maret 2019. Susy berharap Tontowi/Winny melaju lebih jauh agar bberimbas kepada peningkatan rangking.

"Kami akan coba, karena sampai periode masuk perhitungan poin olimpiade kan di (akhir) April nanti. Sementara, ada beberapa pertandingan dari mulai Spanyol, Jerman, All England dan tur Asia, itu sudah empat turnamen. Dari sana kami akan lihat hasilnya apakah mereka bisa diteruskan atau enggak," kata Susy.

"Sebab, posisi Winny dan Akbar (Bintang Cahyono) sebetulnya ada di ranking 30 juga kan. Jadi kami bisa lihat dan bandingkan karena kalau sudah di situ seperti main catur, ini bisa nggak, ini cocok enggak," dia menambahkan.

Semisal Winny tak memenuhi harapan, Susy mengatakan, masih ada pilihan pemain putri yang dipasangkan oleh Tontowi. Seperti Della Destiara Haris.

"Kami masih ada Della juga kan, jadi nanti kalau di Asia, Della juga kan masuk. Jadi ada beberapa opsi ke depan, kami sambil lihat juga. Itu kenapa Della masuk SK prioritas juga," ujar Susy.

"Winny kembali ke Akbar bisa saja tak menutup kemungkinan (kembali). Intinya, kami lihat siapa yang peringkatnya lebih tinggi dan yang penting untuk Indonesia," Susy menegaskan.



(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com