detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 19 Mar 2019 18:15 WIB

Ihsan Maulana, Kejuaraan Asia Bulutangkis Beregu Campuran Ini Panggungmu Lho!

Mercy Raya - detikSport
Ihsan Maulana Mustofa. (dok. Humas PBSI) Ihsan Maulana Mustofa. (dok. Humas PBSI)
Hong Kong - Kejuaraan Asia Bulutangkis Beregu Campuran 2019 bergulir mulai hari ini. Ajang tersebut diharapkan menjadi pembuktian diri, khususnya tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa.

PBSI tak menurunkan kekuatan penuh di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 alias Kejuaraan Asia Bulutangkis Beregu Campuran yang memperebutkan Piala Tong Yun Kai di Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong mulai Selasa (19/3). PBSI mengirimkan pemain-pemain pelapis.

Tunggal putra memercayakan pemain pertama kepada Ihsan, yang prestasinya melembat setelah cedera tahun lalu. Dia ditinggal oleh dua juniornya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang konsisten tampil di ajang BWF level atas.

Sebagai gambaran, tahun ini, Ihsan baru dua kali dikirim ke turnamen BWF dan belum menunjukkan hasil sip. Ihsan terhenti di babak 16 besar China Master, kemudian harus pulangs etelah kalah di babak pertama Thailand Master.

Susy berharap Ihsan bisa menjawab kepercayaan dari PP PBSI. Ihsan diminta untuk menembus benturan mentalnya sendiri.


"Ihsan sendiri memang ada beberapa kali cedera sehingga kepercayaan dirinya masih belum kembali. Jadi, setelah ia juara di Bangka Belitung kemarin sebetulnya kami berharap menjadi titik baliknya. Tapi ternyata belum konsisten dan masih belum bisa melewati halangan-halangan nonteknis tersebut," kata Kabid Binpres PBSI, Susy Susanti, dalam pesan singkatnya kepada detikSport, Selasa (19/3/2019).

"Secara skill sebetulnya cukup baik. Tapi, saat di lapangan, saat dia menghadapi kendala nonteknis, dia belum bisa keluar dari masalah. Self problem-nya belum bisa ia kendalikan dan cenderung buntu. Itu susah-susah gampang. Ada yang balikin cepat dan trauma. Jadi mempengaruhi," Susy menjelaskan.

"Sekarang sudah ditangani psikolog untuk meningkatkan keyakinan, semangatnya, dan kepercayaan dirinya. Apalagi, dia habis cedera," dia mempertegas.

"Kami berharap lewat pertandingan ini. Selain menguji dia dan memberi keyakinan dia. Apalagi ini beregu juga buat membimbing dan menunjukkan dirinya, selain menambah poin dia. Jadi kami tetap beri kepercayaan dia sambil support. Dia jadi tak merasa sendiri," Susy menambahkan.

Di laga pertama, Indonesia menghadapi Sri Lanka. Ihsan ditantang pemain tunggal putra Dinuka Karunaratne.


Berikut susunan pemain Indonesia vs Sri Lanka:

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Sachin Dias/Thilini Pramodika Hendahewa

Ihsan Maulana Mustofa vs Dinuka Karunaratne
Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra vs Sachin Dias/Buwaneka Goonethilleka

Fitriani vs Dilmi Dias

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta vs Thilini Pramodika Hendahewa/Kavidi Sirimannage

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com