detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 19 Apr 2019 14:27 WIB

Seperti Apa Sih Rionny Dibandingkan Richard, Rexy atau Marlev Mainaky?

Mercy Raya - detikSport
Rionny Mainaky (Grandyos Zafna/detikSport) Rionny Mainaky (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Rionny Mainaky merupakan saudara kandung dari Richard, Rexy, dan Marlev Mainaky. Bagaimana dia dibandingkan dengan saudaranya uang juga pelatih bulutangkis itu?

Rionny merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara Mainaky. Lima di antaranya berkecimpung di bulutangkis dan menjadi pelatih sohor.

Richard menangani ganda campuran pelatnas PBSI, Rexy di tim nasional Thailand setelah satu periode menjadi ketua Bidang pembinaan Prestasi PP PBSI. Marlev pernah menangani tunggal putri pelatnas Cipayung dan kini menjadi pelatih di Mainaky bersaudara. Si bungsu Karel masih tercatat sebagai pelatih di Jepang.

Rionny pulang ke Tanah Air baru saja. Itu setelah sembilan tahun tanpa putus bersama-sama timnas Jepang.


Di antara tujuh bersaudara asal Ternate itu, hanya ada satu perempuan, dia Valentina Mainaky. Sulung mereka Marines Mainaky.

"Waktu necil itu saya pemalu dibandingkan saudara saya. Tapi, kami sama-sama dididik dengan cara keras, orang tua kami keras. Kami tidak bisa bermain jauh dari rumah, tak bisa," ujar Rionny dalam One on One detikSport.

"Kami kan ada sedikit turunan darah Eropa, disiplin sekali, makan harus sama-sama. Jam berapa harus sudah mandi, enggak bisa nyebrang jalan. Jadi, enggak lepas," kata Riony.

"Tapi, setelah 14-15 tahun sudah dilepas orang tua, sudah kemana-mana tak tahu. Kami merantau ke Jakarta. Kalau saya, merantau habis PON, PON tahun berapa saya lupa hahaha," Rionny mengenangnya.

Berkat didikan keras itu, Mainaky bersaudara, termasuk Rionny tumbuh menjadi sosok yang tak mau kalah. Mereka juga kuat secara fisik.

"Kalau saya kan memang dari darahnya, kami tak ingin kalah, berani, gengsi tinggi, sombong. Iya sombong. Orang-orang yang kuat di lapangan itu bagusnya gengsi tinggi, sombong, mental kuat di lapangan," kata dia.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed