detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 09 Mei 2019 12:45 WIB

Ini Alasan Eng Hian Turunkan 1,5 Pasang ke Piala Sudirman

Femi Diah - detikSport
Ni Ketut Mahadewi Istarani menjadi cadangan di Piala Sudirman 2019.  (Grandyoz Zafna/detikSport) Ni Ketut Mahadewi Istarani menjadi cadangan di Piala Sudirman 2019. (Grandyoz Zafna/detikSport)
Jakarta - Ganda putri menurunkan 1,5 pasang ke Piala Sudirman 2019. Pelatih Eng Hian membeberkan alasannya.

Indonesia menurunkan kekuatan penuh di Piala Sudirman mulai 19-26 Mei di Nanning, China. Tapi, ganda putri justru tak memiliki pelapis. PBSI hanya menyiapkan satu pemain cadangan, Ni Ketut Mahadewi Istarani, yang akan mendampingi Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

"Hingga saat ini yang paling konsisten dan stabil hanya Greysia/Apriyani. Kalau saya pribadi, di ganda putri mau menurunkan yang terbaik. Semua pertimbangan membawa tiga pemain itu dilihat dari kebutuhan tim juga, yang terbaik untuk tim," ujar Eng dalam rilis PBSI kepada detikSport, Kamis (9/5/2019).


"Ketut dipilih masuk tim karena dia paling fleksibel. Dilihat dari performa, lihat dari permainan, dia bisa dipasangkan dengan siapa saja, termasuk dengan Greysia dan Apriyani," ujar dia,

"Kemungkinan ubah kombinasi itu ada, tapi kalau keadaan darurat, saya pribadi tetap ingin menurunkan yang terbaik, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya," Eng Hian menjelaskan.

Eng Hian optimistis tiga pemain ganda putri itu memenuhi kebutuhan tim. Kondisi Greysia, yang tangan kanannya bengkak hingga harus mundur dari Selandia baru 2019, sudah membaik.

"Sejauh ini, kondisi Greysia sudah membaik. Kemarin itu tangannya over-use saja. Dia sudah ke dokter dan memang instruksi dokter adalah diistirahatkan dulu tangannya. Makanya, dari Kejuaraan Bulutangkis Asia, dia libur beberapa hari untuk memulihkan kondisi tangannya," ujar Eng.

(fem/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed