detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 21 Mei 2019 12:01 WIB

Laporan dari China

Bagaimana agar Indonesia Jadi Juara Grup di Piala Sudirman 2019?

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Foto: Sajjad Hussain/AFP Foto: Sajjad Hussain/AFP
Nanning - Usai menang atas Inggris, Indonesia akan menghadapi Denmark di Piala Sudirman 2019. Posisi akhir Indonesia di Grup B bakal ditentukan laga ini.

Indonesia memulai langkah di Piala Sudirman 2019 dengan positif. Pada laga pertama melawan Inggris di Guangxi Sports Center Gymnasium, Minggu (19/5/2019), tim Merah Putih menang 4-1.

Pada laga lainnya di Grup B, Inggris menang 3-2 atas Denmark, Senin (20/5/2019). Dengan demikian, saat ini Indonesia memuncaki papan klasemen grup dengan 2 poin, disusul Inggris (2 poin) dan Denmark (0 poin).

Indonesia pun mempunyai peluang besar untuk menjadi juara grup. Syaratnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk harus menang atas Denmark.


Indonesia masih bisa menjadi juara grup andai kalah 2-3 dari Denmark. Jika itu terjadi, posisi Indonesia di puncak klasemen Grup B tak tergoyahkan karena mengantongi nilai +2 dari jumlah pertandingan yang dimenangi (6-4).

Jika kalah 1-4, maka Indonesia akan menjadi runner-up grup di bawah Denmark sedangkan Inggris tersingkir. Selisih pertandingan Indonesia akan jadi 0 (4-4) dan Denmark +2 (6-4), dengan sama-sama punya 2 poin.

Kalah 0-5 dari Denmark juga akan menempatkan Indonesia sebagai runner-up Grup B. Jika itu terjadi, selisih pertandingan Indonesia akan jadi -2 (4-6), sama dengan Inggris.

Tapi, Indonesia mempunyai keunggulan jumlah gim yang dimenangi. Seandainya kalah straight game di semua pertandingan, maka selisih gim Indonesia akan jadi -2 (8-10), sementara Inggris -5 (10-15).

"Di tunggal putra pasti 50-50 karena mereka punya (Viktor) Axelsen. Di ganda putra kita sedikit diunggulkan, kemudian di tunggal putri juga 50-50 karena Mia (Blichfeldt) juga sedang naik. Di ganda putri dan ganda campuran kita sedikit lebih solid lah," ujar Achmad Budiharto, Chef de Mission Indonesia di Piala Sudirman, soal pertandingan melawan Denmark.

"Secara prinsip, kita memberi kesempatan kepada semua nomor untuk menyumbang poin karena siapa pun yang diturunkan memang ditargetkan untuk berkontribusi. Karena pada waktu menentukan line up pemain, kami selalu mempertimbangkan analisis kita bagaimana, lawan-lawan kita seperti apa, kemudian head-to-head, mereka ditargetkan untuk berkontribusi," katanya.

Pertandingan Indonesia dengan Denmark bergulir Rabu (22/5/2019).




(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com