detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Mei 2019 12:00 WIB

Laporan dari China

Piala Sudirman: Indonesia Waspadai Tiga Sektor Taiwan

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Chou Tien Chen menjadi salah satu pemain taiwan yang diwaspadai Indonesia. (Djarum Superliga Badminton) Chou Tien Chen menjadi salah satu pemain taiwan yang diwaspadai Indonesia. (Djarum Superliga Badminton)
Nanning - Indonesia akan menghadapi Taiwan di perempatfinal Piala Sudirman 2019. Skuat Merah Putih mewaspadai tiga sektor dari lawan.

Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Sudirman 2019 sebagai juara Grup B, meskipun kalah 2-3 dari Denmark di laga terakhir. Dalam pengundian babak delapan besar di Guangxi Sports Center Gymnasium, Rabu (22/5), Indonesia dipertemukan dengan Taiwan.

Tiga sektor menjadi perhatian Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti. Ketiga nomor itu adalah tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra.


Pada nomor tunggal putra, Taiwan diprediksi akan menurunkan Chou Tien Chen yang menghuni peringkat empat dunia. Bagi tunggal putra Indonesia, Chou bukan lawan yang asing.

Anthony Sinisuka Ginting sudah sembilan kali bertemu dengan Chou dan unggul 5-4 dalam catatan pertemuan. Sementara itu, Jonatan Christie selalu menang dalam lima kali duel dengan pebulutangkis Taiwan itu.

Di nomor tunggal putri, Tai Tzu Ying akan menjadi andalan Taiwan. Tunggal putri nomor satu dunia itu pernah satu kali menang atas Gregoria Mariska Tunjung.

Tai Tzu Ying menjadi pebulutangkis yang diwaspadai Indonesia di perempatfinal Piala Sudirman 2019.  Tai Tzu Ying menjadi pebulutangkis yang diwaspadai Indonesia di perempatfinal Piala Sudirman 2019. (ADEK BERRY/AFP Photo)

Pada nomor ganda putra, Taiwan memang tak bisa menurunkan pasangan terbaiknya, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin. Tapi, mereka masih memiliki ganda peringkat ke-11 dunia, Liao Min Chun/Su Ching Heng.

"Kalau lihat hasil drawing, paling tidak kalau jadi juara grup tidak akan langsung ketemu tim kuat," ujar Susy yang ditemui di Guangxi Sports Center Gymnasium.

"Taiwan cukup kuat di nomor tunggal dan mungkin ganda putra. Namun mungkin secara head to head peluang kita lebih besar," dia menambahkan.

"Buat kami siapa saja lawannya sama saja, yang pasti kami siap. Karena babak berikutnya sistem gugur, jadi kami harus betul-betul lebih fokus dan benar-benar all out," pemilik medali emas Olimpiade 1992 Barcelona itu menegaskan.

Dalam dua pertandingan di fase grup melawan Inggris dan Denmark, Indonesia tidak turun dengan formasi yang sama. Menghadapi Taiwan, Indonesia akan melakukan evaluasi terlebih dulu sebelum menyusun tim.

"Untuk formasi kami akan evaluasi lebih dulu dan diskusi dengan pelatih-pelatih. Taiwan kalah dari Korea (di fase grup) jadi mereka juga pasti melakukan evaluasi. Kondisi atlet semua dalam keadaan semangat dan siapa pun yang diturunkan, mereka semua siap kok," kata Susy.

(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed