detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Mei 2019 16:42 WIB

Piala Sudirman

Rudy Hartono: Tunggal Putra Bisa Jadi Kunci Indonesia Singkirkan Taiwan

Mercy Raya - detikSport
Jonatan Chtistie berpeluang diturunkan saat Indonesia vs Taiwan. (dok. Humas PBSI) Jonatan Chtistie berpeluang diturunkan saat Indonesia vs Taiwan. (dok. Humas PBSI)
Jakarta - Indonesia diminta kerja keras saat menghadapi Taiwan di perempatfinal Piala Sudirman 2019. Sektor tunggal putra diminta mempersembahkan kemenangan untuk memudahkan laju ke semifinal.

Merujuk hasil pengundian babak gugur, Indonesia akan berhadapan dengan Taiwan di perempatfinal Piala Sudirman 2019. Laga itu dilangsungkan di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Jumat (25/5).

Legenda bulutangkis, Rudy Hartono, memprediksi perebutan poin dua negara itu berlangsung sengit. Kemenangan akan dicapai dengan skor 3-2.


Rudy menyebut langkah Indonesia ke semifinal Piala Sudirman 2019 bisa lebih lapang asalkan tunggal putra meraih kemenangan. Ya, Taiwan memiliki keunggulan di nomor tunggal putri dengan memiliki Tai Tzu Ying, yang saat ini berada di peringkat satu dunia. Selain itu, Taiwan akan mengandalkan tunggal putra Chou Tien Chen. Dia adalah perah medali perak Asian Games 2018. Satu sektor lain yang diprediksi menyulitkan ada pada ganda putra, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

"Kalau bertemu Taiwan menurut saya menang tipis, tapi bukan berarti kalah," kata Rudy saat dihubungi detikSport, Kamis (23/5/2019).

"Kalau melihat tunggal putri jangan harap sudah pasti kartu mati, ketemu nomor satunya. Tunggal putra ketemu Chou Tien Chen, harusnya kalau yang diturunkan (Anthony Sinisuka) Ginting bisa menang karena dia pernah menang dan kalah. Tapi, kalau menurut saya harusnya menang," Rudy menjelaskan.

Dari sembilan kali pertemuan keduanya, Anthony unggul lima kali kemenangan. Terakhir kali di Singapura Open 2019, peringkat tujuh dunia itu menang rubber game atas Tien Chen dengan skor 21-17, 18-21, dan 21-14.

"Lalu ganda putranya kita kuat, ganda putri mungkin 50:50, tinggal ganda campurannya. Dan siapa yang duluan leading nanti," dia menambahkan.

"Makanya nanti jangan sampai kebalik, kita memimpin sementara poin 2-1 tapi akhirnya malah kalah tipis," kata Rudy.

Rudy meminta agar sektor tunggal bisa mencuri poin agar langkah Indonesia lebih ke semifinal lebih mudah.

"Tapi kita bisa jika mau ambil dari sektor lain. Makanya, semoga tunggal putra kita bisa ambil. Jadi unggul banyak," ujar dia.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com