detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Mei 2019 20:10 WIB

Laporan dari China

Jelang Indonesia vs Taiwan: Ujian untuk Tunggal Putra

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Anthony Sinisuka Ginting (dok. Humas PBSI) Anthony Sinisuka Ginting (dok. Humas PBSI)
Nanning - Indonesia akan menghadapi Taiwan di perempatfinal Piala Sudirman 2019. Pertandingan itu menjadi ujian bagi nomor tunggal putra Indonesia.

Pertandingan perempatfinal Piala Sudirman 2019 antara Indonesia dan Taiwan digelar pada Jumat (24/5/2019) di Guangxi Sports Center Gymnasium. Di atas kertas, Indonesia yang lolos ke babak delapan besar sebagai juara grup diunggulkan untuk lolos ke semifinal.

Tapi, Taiwan memiliki dua nomor yang boleh dibilang lebih unggul ketimbang Indonesia. Yakni, tunggal putra dengan memiliki Chou Tien Chen dan tunggal putri Tai Tzu Zing.

Secara head to head, tunggal putra Indonesia unggul atas Chou. Anthony Sinisuka Ginting unggul 5-4, sedangkan Jonatan Christie selalu menang dalam lima pertemuan melawan Chou.


Kemenangan terakhir diraih Jonatan atas Chou di Asian Games 2018. Sementara Anthony terakhir kali menang atas pebulutangkis 29 tahun itu di Singapura Terbuka 2019.

Meski Jonatan dan Anthony memiliki keunggulan head to head, pelatih tunggal putra pelatnas PBSI, Hendry Saputra, tak mau jemawa. Baginya, siapa pun yang turun akan menghadapi ujian konsistensi.

"Meski unggul 5-0, saya selalu ingin coba menguji lagi dari latihan, semoga di pertemuan keenam ada kemajuan lagi dan bisa menang," ujar Hendry yang ditemui usai sesi latihan tim bulutangkis Indonesia di practice hall Guangxi Sports Center, Kamis (23/5/2019).

"Kami sudah ada gambaran siapa yang akan turun, bukan asal sembarang memilih cap cip cup Jonatan atau Ginting. Kami akan diskusi, karena yang penting kan tim menang," ujar dia.

"Yang kami harapkan adalah bisa konsisten menguasai permainan untuk memenangi pertandingan. Dari segi mental, teknik, fisik, cara bermain," dia menambahkan.

"Untuk besok, dua-duanya oke. Saya mau diskusi sama pemain agar tim kita menang," katanya.



(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed