detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 24 Mei 2019 13:40 WIB

Laporan dari China

Jonatan Tak Bisa Keluar dari Tekanan

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Jonatan Christie tak bsai keluar dari tekanan Chou Tien Chen di permepatfinal Piala Sudirman 2019. (Wahyu Putro A/Antara Foto) Jonatan Christie tak bsai keluar dari tekanan Chou Tien Chen di permepatfinal Piala Sudirman 2019. (Wahyu Putro A/Antara Foto)
Jakarta - Indonesia tertinggal 1-2 dari Taiwan usai Jonatan Christie dikalahkan Chou Tien Chen di perempatfinal Piala Sudirman 2019. Jonatan kalah karena tak bisa keluar dari tekanan.

Dalam pertandingan perempatfinal melawan Taiwan di Guangxi Sports Centre Gymnasium, Jumat (24/5/2019), Jonatan, yang turun di partai ketigam harus mengakui keunggulan Chou dengan skor 11-21, 13-21.

Jonatan selalu tertinggal dari Chou sejak awal gim pertama. Pada awal gim kedua, kedua pemain sempat kejar-mengejar poin. Namun Jonatan tak mampu membendung Chou.

Jonatan mengaku tak bisa keluar dari tekanan Chou. Dia tak mendapat ruang untuk balik menyerang.


"Saya tadi bermain di bawah tekanan sekali, saya tidak bisa keluar dari tekanan saya. Beberapa kali justru berbalik dengan Chou Tien Chen, dia bermain menekan terus dan saya tidak bisa keluar dari itu," kata Jonatan usai pertandingan.

"Saya juga mencoba untuk menekan dia, tapi dia tidak memberi saya ruang untuk melawan balik. Di gim kedua awal saja dia sempat kehilangan poin, tapi dia tidak mau terlalu banyak kehilangan poin dan balik lagi seperti babak pertama," ujar dia.

"Saya tidak bisa balik menekan dia. Dan yang saya ketahui, saat bola masih baru, bolanya sangat cepat. Tapi setelah dua, tiga, lima pukulan, bola jadi lambat. Itu saya rasa juga jadi strategi dia," Jonatan menjelaskan.

Memasuki gim kedua, Jonatan makin kesulitan mengantisipasi permainan Tien Chen. Dia pun kecewa dengan hasil yang dituai dari laga itu.

"Di akhir gim kedua, saat saya sudah menemukan tempo, tapi dia berusaha untuk menekan saya dengan beberapa kali mengadu bola. Saya kecolongan di situ," kata Jojo.

"Saya kurang puas dan kecewa dengan diri sendiri karena apa yang sudah direncanakan sebelum pertandingan tidak keluar sama sekali," dia menambahkan.

Ini menjadi kekalahan pertama Jonatan dari Chou. Sebelumnya, Jonatan selalu menang dalam lima kali pertemuan.

"Siapa yang lebih siap hari ini saja. Hari ini dia bermain sangat-sangat siap dari bertahan, serangan juga beberapa kali bolanya ke pojok-pojok terus," kata Jonatan.

"Saya sudah beberapa kali mencoba membuat dia berlari, tapi dia seperti tidak tertekan. Saya sempat berpikir keras supaya bagaimana caranya saya yang menekan dia, bukan saya yang terus ditekan," pemilik medali emas Asian Games 2018 itu menegaskan.
(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com