detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 25 Mei 2019 13:35 WIB

Jepang Punya Kekuatan Merata, Indonesia Harus Tetap Pede

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Indonesia akan menantang Jepang di semifinal Piala Sudirman 2019. (Foto: Wahyu Putro A / Antara) Indonesia akan menantang Jepang di semifinal Piala Sudirman 2019. (Foto: Wahyu Putro A / Antara)
Nanning - Jepang punya kekuatan yang merata di semua sektor di Piala Sudirman 2019. Namun Indonesia juga dalam kondisi mental yang baik usai menang atas Taiwan.

Indonesia lolos ke semifinal Piala Sudirman 2019 usai menyingkirkan Taiwan di perempatfinal. Bertanding di Guangxi Sports Centre Gymnasium, Jumat (24/5/2019), tim Merah Putih harus berjuang sampai partai kelima untuk memastikan kemenangan 3-2.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi penentu kemenangan Indonesia. Pasangan ganda campuran peringkat tujuh dunia itu menuntaskan tugasnya dengan baik dengan mengalahkan Wang Chi-Lin/Hsieh Pei Shan 21-17, 21-15.

Jepang selanjutnya akan menjadi lawan Indonesia di semifinal. Kento Momota dkk lolos ke semifinal dengan mengandaskan Malaysia 3-0.

Jepang punya kekuatan merata di semua sektor. Namun Indonesia boleh percaya diri dengan bekal kemenangan atas Taiwan.


Tiga sektor ganda masih akan jadi andalan. Selain ganda putra yang selalu menyumbang angka, ganda putri juga belum terkalahkan sejak fase grup.

Ganda campuran bukan tidak mungkin akan kembali memegang peran krusial. Berbekal kemenangan di laga penentu atas Taiwan, Praveen/Melati diharapkan makin percaya diri.

"Jepang punya kekuatan merata. Tapi pada saat mereka bertemu Rusia, mereka sempat tertinggal," ujar Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti.

"Di ganda putra, ramai lah, meskipun menang-kalah-menang-kalah, nanti dilihat head to head siapa yang bakal diturunkan."

"Untuk ganda putri, secara head to head kita memang kalah. Tapi permainan Greysia/Apriyani sedang naik, tidak terkalahkan sejak awal. Mudah-mudahan tambah percaya diri dan tambah berani," lanjut Susy.

"Ganda campuran juga mulai naik dengan kemenangan Praveen/Melati sebagai penentu, paling tidak kepercayaan diri juga sedang naik. Mudah-mudahan bisa tampil bukan cuma baik, tapi lebih baik."

"Untuk tunggal putra melawan Momota mungkin antara Anthony atau Jonatan. Secara head to head pernah menang-kalah. Lalu untuk tunggal putri, belum tahu apakah Nozomi atau Akane. Gregoria pernah mengalahkan salah satunya," ucapnya.

Pertandingan semifinal Piala Sudirman 2019 antara Indonesia dan Jepang akan dimulai pukul 17:00 WIB.

(nds/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com