detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 26 Mei 2019 23:17 WIB

Piala Sudirman 2019: Yamaguchi dan Momota Kalah Bukan karena Tertekan

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Jepang kalah dari China di final Piala Sudirman 2019 (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A) Jepang kalah dari China di final Piala Sudirman 2019 (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Nanning - Akane Yamaguchi dan Kento Momota gagal menyumbang poin untuk Jepang di final Piala Sudirman. Mereka kalah bukan karena tekanan besar di partai puncak.

Jepang harus mengakui keunggulan China di final Piala Sudirman 2019. Dalam pertandingan final di Guangxi Sports Center Gymnasium, Minggu (26/5/2019), Jepang kalah 0-3.

Setelah kehilangan partai pertama menyusul kekalahan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Jepang kemudian kalah di dua nomor berikutnya. Yamaguchi dan Momota harus mengakui keunggulan lawan-lawannya.

Yamaguchi yang turun di partai kedua melawan Chen Yufei sempat merebut gim pertama. Namun ia kemudian kalah di dua gim berikutnya. Demikian pula dengan Momota saat menghadapi Shi Yuqi. Menang di gim pertama, Momota kemudian justru kalah telak di gim kedua dan ketiga.




"Tentu ada tekanan di final. Tapi itu bukan alasan utama. Mereka tidak bisa melanjutkan ritme bagusnya," ujar kepala pelatih Jepang, Park Joo Bong, dalam konferensi pers usai pertandingan di Guangxi Sports Center Gymnasium.

"Yamaguchi membuat banyak kesalahan. Momota main bagus, tapi melambat di gim kedua karena melewati pertandingan yang melelahkan di perempatfinal dan semifinal. Dia sudah berusaha untuk meningkatkan kecepatan lagi. Dia sangat kecewa," sambungnya.

Sebelum tampil di final, Momota sudah main tiga kali dari total empat pertandingan yang dijalani Jepang di Piala Sudirman 2019. Jepang tak punya pilihan selain kembali menurunkan pebulutangkis nomor satu dunia itu di babak final karena Kenta Nishimoto tak tampil bagus di fase grup.




"Nishimoto tidak terlalu bagus di pertandingan pertama melawan Rusia. Juga ada jurang yang besar antara Nishimoto dan Momota, jadi kami tidak punya pilihan selain memainkan Momota lagi," katanya.

Ini jadi kali kedua Jepang finis sebagai runner-up Piala Sudirman. Pada 2015, Jepang juga jadi finalis dan dikalahkan China di partai puncak.



(nds/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com